EVALUASI USABILITY APLIKASI JADWAL TERPADU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DENGAN METODE KUISIONER

Amos Toy, Wiwit Supriyanti

Abstract


Prinsip utama yang dijadikan ukuran keberhasilan pengembangan sistem informasi (SI) ataupun perangkat lunak (PL) adalah usability. Tingkat usability menentukan apakah  sistem  tersebut akan  bermanfaat, diterima user dan bertahan lama dalam penggunaannya. Sistem  dengan  usability  yang  tinggi  akan  membuat sistem tersebut populer dalam waktu lama dan luas penggunaannya karena banyak orang akan merasakan manfaatnya. Sedangkan, sistem dengan usability rendah meskipun dibuat berdasarkan kebutuhan, dan menghabiskan  sumber  daya  yang  tidak  sedikit, seringkali pada akhirnya diabaikan oleh penggunanya.

Salah satu perangkat pengukuran Usability adalah USE Questionnaire  yang  membagi  menjadi  3  parameter utama yaitu Usefullness, Satisfaction dan Ease of Use. Masing-masing  parameter  diuraikan  menjadi sekumpulan paket pernyataan yang disodorkan kepada para  pengguna dalam  bentuk  kuisioner dengan  skala Likert. Berdasarkan parameter usability yang digunakan pada  USE  Questionnaire,  dilakukan  pengukuran usability pada Website Aplikasi Jadwal Terpadu Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini secara keseluruhan memiliki usability yang cukup baik dan berhasil memudahkan dan membantu user menjalakan tugasnya dengan efisien.

Beberapa kelemahan terletak pada elemen satisfaction, terutama terkait dengan tampilan yang memang tampak sederhana. Beberapa penambahan fasilitas juga diharapkan oleh  para  pengguna  seperti  sistem  dapat terintegrasi dengan sistem akademik lainnya seperti KRS/KHS. Masukan ini diharapkan dapat meningkatkan usability aplikasi penjadwalan online di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Nielsen, Jakob. Usability 101 : Introduction. diakses dari : http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to- usability/, tanggal : 12 November 2013.

Tullis, Tom, and Albert, Bill. Measuring The User Experience. Morgan Kaufmann, 2008.

Lund, Arnold M. Measuring Usability with the USE Questionnaire Usability and User Experience, STC Community. Diakses dari: http://www.stcsig.org/usability/newsletter/0110_measuring_with_ use.html, tanggal : 12 November 2013.

Perlman, Gary. User Interface Usability Evaluation with Web- Based Questionnaries. diakses dari: http://hcibib.org/perlman/question.html, tanggal : 12 November


Refbacks

  • There are currently no refbacks.