SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMAM PADA BALITA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN FORWARD CHAINING BERBASIS VISUAL BASIC

Heny Pratiwi, Siti Qomariah, Azahary Azahary

Abstract


Bidang  perkembangan  teknologi  yang  cukup pesat saat ini adalah Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), yang merupakan bagian dari ilmu komputer. Kecerdasan buatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer)  dapat  melakukan  pekerjaan  seperti  dan sebaik  yang  dilakukan  oleh  manusia.  Agar  komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus diberikan pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.

Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat melakukan penalaran seperti layaknya suatu pakar pada suatu bidang keahlian tertentu. Sistem pakar ini bukanlah untuk menggantikan fungsi dari seorang pakar, akan tetapi hanya diperuntukan sebagai perlengkapan dan alat bantu yang terbatas, karena sistem pakar ini hanya bersifat konsultatif dan tidak seperti halnya dokter spesialis yang dapat mengidentifikasi  penyakit tertentu dengan suatu pemikirannya.

Pada masa sekarang masyarakat awam khususnya para ibu masih sering mengalami kesulitan untuk mendiagnosis jenis penyakit demam balitanya karena keterbatasan  pengetahuan  yang  mereka  miliki. Sedangkan untuk menemui ahli atau pakar dalam bidang tersebut dirasa cukup sulit. Oleh sebab itu, dibuat suatu aplikasi  sistem  yang  dapat  menampung  pengetahuan dari para pakar tentang demam sehingga para ibu bisa lebih mandiri dan tanggap apabila balitanya terkena penyakit  demam  dan  dapat  memberikan  solusi  yang cepat dan tepat untuk mengobatinya.

Full Text:

PDF

References


Arhami, Muhammad, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi offset.

A.S. Rosa, 2011 Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan berorientasi objek), Bandung : Modula.

Fathansyah, 2004, Basis Data. Bandung: Informatika.

Jogiyanto, HM, 2005, Analisis & Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Kusrini, 2006, Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi, Yogyakarta : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.