DIGITAL MONITORING BERKAS PENDAFTARAN PENGUKURAN TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA TANGERANG

Meta Amalya Dewi, Siti Rohmah, Abdul Karim, Ujang Maulana

Abstract


 Kemajuan teknologi yang pesat saat ini mendorong berbagai organisasi baik instansi maupun perusahaan swasta untuk memanfaatkan kemajuan tersebut dalam memberikan pelayanan mereka. Kantor Pertanahan Kota Tangerang merupakan salah satu kantor pelayanan publik bergerak di bidang pertanahan. Sebagai instansi pemerintah, sudah selayaknya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. Hal ini yang mendorong perubahan bentuk pelayanan konvensional menjadi digital karena pelaksanaan monitoring berkas pengukuran pada kantor Pertanahan Kota Tangerang masih manual melalui beberapa tahap dengan cara mencatat pada buku laporan. Begitu pula pendaftaran pemohon dilakukan secara konvensional, sering terjadi ketidak lengkapan persyaratan berkas permohonan saat penyerahan berkas yang menyebabkan pemohon harus bolak balik untuk melengkapi persyaratan. Paper ini membahas dan membangun sistem informasi pendaftaran berkas secara digital yang dapat memudahkan pemohon dalam memantau prosesnya. Metode yang digunakan adalah perancangan berorientasi objek dengan menggunakan alat bantu unified modelling langguage (UML) dengan pendekatan prototype yang dibangun untuk memberikan gambaran tampilan akhir menggunakan Adobe Dreamweaver CS5, adobe photoshop, PHP, dan Mysql. Hasil akhir penelitian adalah sebuah sistem aplikasi yang dapat membantu konsumen (pemohon) dalam memantau proses pendaftaran pengukuran tanah.


Full Text:

PDF

References


Gottschalk, Louis. (1986). Understanding History; A Primer of Historical Method (terjemahan Nugroho Notosusanto). Jakarta: UI Press.

Taufik, Muh. (2010). Monitoring dan Evaluasi: Disajikan pada pelatihan tim monitoring PNPM-PPK http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/ 2010/10/25/monitoring-dan-evaluasi-301734.html. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2013.

Sridadi. (2007). Pengukuran

Wibisono, Ananta Rizal. (2012). Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Pertama Kali Secara Sporadik Menjadi Sertifikat Hak Milik Berdasarkan Surat Segel. Laporan Skripsi : Malang

Rukmini. (2009). Efektivitas Pelayanan Publik Mengenai Sertifikat Tanah Melalui Sistem Informasi Dan Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANASA) Pada Kantor Pertanahan Kota Tamgerang. Laporan Skripsi : Malang

Henderi. (2008). Unified Modeling Language (UML): Konsep dan Implementasinya Pada Pemodelan Sistem Berorientasi Objek dan Visual.

Nugroho, Adi. (2010). Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object. Bandung: Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.