SISTEM INFORMASI KEHADIRAN DOSEN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Agustono Heriadi, Daniel Swanjaya

Abstract


 Sistem pencatatan kehadiran dosen di Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri masih menggunakan metode manual, sehingga informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat dikarenakan mahasiswa PJMK kelas lupa atau tidak masuk kuliah sehingga kehadiran dosen tidak tercatat pada jurnal kehadiran dan informasi dihasilkan dalam waktu yang cukup lama dikarenakan data harus dihitung secara manual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode waterfall. Pada metode ini terdapat 5 (lima) tahap untuk mengembangkan suatu perangkat lunak. Kelima tahapan itu tersusun dari atas ke bawah, diantaranya Analisis, Design, Coding, Testing, dan Maintenance. Konsep dari metode ini adalah melihat bagaimana suatu masalah secara sistematis dan terstruktur dari atas ke bawah. Dari penelitian yang dilakukan ini akan menghasilkan Sistem Informasi Presensi Dosen (SIPDOS) yang dapat menghasilkan informasi kehadiran dosen seperti tanggal mengajar, data kehadiran dosen, rekapitulasi jumlah kehadiran mengajar dosen per bulan dengan lebih cepat, dan akurat sesuai dengan data yang telah diinputkan apabila dibandingkan dengan sistem manual. Sistem juga lebih mudah diakses kapan saja, dan dimana saja selama memiliki koneksi internet dikarenakan sistem berbasis web.


Full Text:

PDF

References


T. Hidayat, R. Noplaily. 2008. Sistem Informasi Kehadiran Dosen Melalui Handphone Dengan Koneksi Bluetooth. SNATI 2008. 21 Juni 2008. ISSN: 1907-5022.

Jogiyanto. 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi., Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto. 2006. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif.Andi.

A. Kadir. 2009. Membuat Aplikasi Web Dengan PHP Dan Database Mysql, Andi, Yogyakarta.

A. Kristanto. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

E.M.D. Sihombing, G.P. Kusuma, H. Kusmayadi. 2011. D3 Proyek Akhir. Manajemen Informatika. Politeknik Telkom. Bandung.

Sommerville, 2001, Waterfall, Software Engineering,. Erlangga.

I.G.R. Sugiarta, N.N.H. Puspita. 2011. Pengembangan Sistem Kehadiran Dosen STIKOM Bali. JUSI Vol. 1 No. 2 : 2011. ISSN: 2087-8737.

W.M. Suryatiningsih, 2009, Web Programming, Politeknik Telkom, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.