IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN PHP BERBASIS MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) PADA WEBSITE E-COMMERCE ( Studi Kasus: www.indominiatur.com)

Donni Prabowo, Beti Wulan Sari, Pendi Ventri Hendika

Abstract


Model-View-Controller (MVC) merupakan suatu metode untuk membuat sebuah aplikasi atau sistem dengan memisahkan beberapa bagian penting dari aplikasi tersebut diantaranya memisahkan bagian data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Salah satu keuntungan dari MVC itu sendiri adalah kemudahan maintenance dan kemudahan pengembangan aplikasi. Penerapan konsep Model-View-Controller (MVC) akan membuat alur program menjadi lebih jelas sehingga mudah dipahami oleh pengembang selanjutnya. Pada penelitian ini konsep Model-View-Controller (MVC) akan diimplementasikan dengan menggunakan Framework PHP yaitu Framework Codeigniter. Studi kasus yang digunakan yaitu Website yang menjual miniatur-miniatur seperti miniatur kereta , becak , kapal , pesawat , sepeda , motor , mobil dan lain sebagainya . Disini pemilik toko hanya berperan sebagai distributor saja , jadi pemilik tidak mempunyai toko miniatur secara fisik. Oleh karena itu seluruh media promosi akan dilakukan melalui media internet. Selain menggunakan konsep Model-View-Controller (MVC), Website E-commerce ini juga memiliki dua fitur yang cukup menarik yaitu Push Notification dan Aplikasi Mobile. Dengan adanya dua fitur tersebut, diharapkan dapat memudahkan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : ANDI.

Wismakarma, Komang. 2010. 9 Langkah Menjadi Master Framework Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.

Hakim, Lukmanul. 2010. Bikin Website Super Keren Dengan PHP dan jQuery. Yogyakarta : Lokomedia.

Basuki, Awan Pribadi. 2010. Membangun Web Berbasis php dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.

Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung : Informatika

Purbo, Ono W. 1998. Membangun Situs E-Commerce. Jakarta : Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.