ANALISIS PENERIMAAN DAN POLA PENGGUNAAN PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN (PLIK) DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Andi, Noor Akhmad Setiawan, Wing Wahyu Winarno

Abstract


Pusat  Layanan  Internet  Kecamatan  (PLIK)  sebagai salah satu program Universal Service Obligation (USO) yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di beberapa daerah kurang mendapat perhatian dari masyarakat sehingga keberadaannya kurang termanfaatkan dan menjadi sia-sia. Penelitian ini membahas tentang analisis penerimaan dan pola penggunaan PLIK oleh masyarakat di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif   yang dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisioner tertutup kepada pengguna PLIK di 6 (enam) lokasi PLIK yang tersebar di 5 (lima) kecamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan PLIK oleh masyarakat di Kabupaten Bantul berada dalam kategori baik, yang berarti masyarakat menerima  keberadaan  PLIK  di  lingkungan  mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengguna PLIK sebagian besar adalah pelajar/mahasiswa yaitu sebanyak 44,44% dengan tujuan utama penggunaan adalah mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah.

Full Text:

PDF

References


Pandapotan, M., "Kompetensi Pengelola dalam Mengatasi Permasalahan Teknis pada Pusat Layanan Internet Kecamatan," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 1, p. 12, Desember 2012.

Widiyastuti, I., et.al., "Pola Penggunaan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) untuk Pembangunan Sosioekonomi dan Perdesaan di Kabupaten Kulonprogo, DI. Yogyakarta," BPPKI Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.

Kemenkominfo, "Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2011," Jakarta, 2012.

Sri Ariyanti, "Studi Pemanfaatan Fasilitas Universal Service Obligation (USO) di Purwakarta-Jawa Barat.," Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 8, no. Juni, 2010.

Vita Puspita, "Analisis Teknis Kualitas Layanan Jaringan Pusat Layanan Internet Kecamatan di Kota Banda Aceh," Jurnal teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 1, p. 25, Desember 2012.

(2011, Desember) http://lomboknews.com. [Online]. http://lomboknews.com/2011/12/12/menteri-kominfo- belum-tahu-plik-di-mataram-tidak-berfungsi/Proenza, F.J., Buch, R.B., & Montero, G., "Telecenters for Socioeconomic and Rural Development in Latin America and the Caribbean.," ITU,IADB,FAO., Washington DC,2001.

BTIP. (2012, Januari) www.slideshare.net. [Online]. http://www.slideshare.net/Ubayt/share-presentasi-plik,

Kemenkominfo, "Pedoman Penyusunan "Model Program Pemberdayaan Optimalisasi PLIK (Pusat Layanan Internet Kecematan)"," Jakarta, 2011.

Bashir, M.S., Samah, B.A., Emby, Z., Badsar, M.Azril, H., Shafrfril, M., Aliyu, A., "Information and Communication Technology Development in Malaysia:Influence of Competency of Leaders, Location, Infrastructrures and Quality of Services on Telecenter Succes in Rural Communities of Malaysia," Australian Journal of Basic and Applied Sciences, vol. 9, no. 5, pp.1718-1728, 2011.

Prado, P., Camara, M.A, & Figueredo, M.A, "Evaluating ICT Adoption in Rural Brazil : a quantitative analysis of telecenters as agent of social change," The Journal of Community Informatics, vol. 7, no. 1, 2011.

Shidiq Al Hakim, "Evaluasi Tingkat Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)," Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Tesis 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.