Ekstraksi Ciri Berbasis Wavelet Untuk Membedakan Bakteri Lactobacillus Bulgaricus Dan Streptococcus Thermophilus Pada Yogurt

Andi Sri Irtawaty, Adhi Susanto, Indah Soesanti

Abstract


Pesatnya  perkembangan teknologi  di  bidang  industri yogurt, telah menantang suatu rekayasa media yang inovatif dan kreatif yang diperlukan. Yogurt merupakan olahan susu asam yang berasal dari proses fermentasi yang  dilakukan oleh  bakteri  Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus. Yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan ekstraksi ciri untuk membedakan antara bakteri Lactobacillus Bulgaricus (LB) dan Streptococcus Thermophilus (ST). Secara visual, keduanya dapat dibedakan dari segi bentuk dan ukuran. LB berbentuk basil dan berukuran

0,5-0,8 x 2-9 μm , sedangkan ST berbentuk coccus dan berdiameter berukuran   < 1 μm [5] [6] . Untuk membedakan kedua jenis bakteri tersebut, diterapkan metode   ekstraksi   ciri   berbasis   Wavelet.   Parameter utama yang akan dihitung yaitu level energi rata-rata dengan membandingkan 4 jenis metode wavelet, yaitu Db2, Db9, Symlet dan Coiflet. Akurasi terbaik diperoleh dari wavelet Db2, yaitu sebesar 91.15%.

Full Text:

PDF

References


M. Hong, W. Yujie, G. Yanchun, K. Zhen, X. Zhiming, and Y. Shanrang, "Application of Support Vector Machine to Heterotrophic Bacteria Colony Recognition," in Computer Science and Software Engineering, 2008 International Conference on, 2008, pp. 830-833.

Sutarno, "Analisis perbandingan transformasi wavelet pada pengenalan citra wajah", Vol.5, No.2, Juli 2010.

Abdul Kadir, Adhi Susanto, “Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra”,2013.

R.C. Gonzales and R.E. Wood, “Digital Image Processing, Second Edition”, Prentice Hall, 2002.

"Pertumbuhan bakteri", http://file.upi.edu/direktori/fpmipa/jur._pend._biologi/196805091994031-kusnadi/ buku_common_text_mikrobiologi, kusnadi,dkk/ bab_iv pertumb.bakteri.pdf.

"Pemilihan dan penanganan starter bakteri di tingkat industri",http://staff.unud.ac.id/~semadiantara/wp-content/uploads/2012/06/Pemilihan-dan-Penanganan Starter-Yoghurt-di- Tingkat-Industri.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.