IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING UNTUK PERKULIAHAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

Denny Wijanarko, S.T, M.T

Abstract


Dengan  semakin  berkembangnya Teknologi  Informasi dan Komunikasi, perkembangan dunia pendidikan juga ikut berkembang. Dimana pembelajaran sekarang tidak harus langsung di kelas, tapi dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan perangkat berupa internet, wifi, mobile device ataupun video-conferencing. Karena metode  pembelajarannya  yang  memanfaatkan elektronika maka biasa disebut dengan e-learning (electronic learning). Dalam perkembangannya e- learning akan berevolusi menjadi mobile learning. Dan perkembangan terbaru dalam teknologi mobile semakin memungkinkan  untuk mendukung  pembelajaran bergerak   dan   memanfaatkan   situasi   belajar   yang spontan   dan   efisien   serta   dapat   dilakukan   pada anywhere dan anytime

Dengan permasalahan tersebut dapat dilakukan perancangan   dalam   sistem   mobile   learning   yang berbasis  android  dengan  memanfaatkan media  visual berupa perangkat mobile dan layanan video, karena sistem pembelajarannya lebih bervariatif.

Oleh karena itu perlu dilakukan perancangan dan implementasi  sistem  mobile  learning  agar  nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat suatu sistem mobile learning yang baik. Pengujian mobile learning ini akan dilakukan pada jaringan wireless dengan cara melakukan download atau akses pada mobile learning object. Untuk itu pengujian sistem akan diuji ketika proses kedua transfer data di atas berlangsung. Adapun paket data yang di-transfer merupakan data mobile learning object berupa video.

Full Text:

PDF

References


Riyanto. B, (2006), “Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java”. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia 3-4 Mei 2006. 386-392.

Rachel C, T Stephen, S Jude, B Axel.(2006). Literature Review Into Mobile Learning in The University Context. Queensland: Queensland University of Technology Creative Industries Faculty.

http://phandroid.com/2013/09/03/android-device-activations-1- billion/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.