ANALISIS PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA DALAM UPAYA RANCANGAN BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Sudarmawan Sudarmawan, Armadyah Amborowati, Robert Marco

Abstract


Salah satu bentuk nyata pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan memberikan pendanaan pendidikan Bantuan
Operasional Sekolah (BOS). Diharapkan pengelola sekolah mampu melakukan perencanaan, melaksanakan, mengevaluasi, dan  mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara baik, mandiri, transparan dan akuntabel. Penelitian ini akan menggunakan metode atau pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian akan dilakukan penterjemahan
kebutuhan dari hasil evaluasi tersebut, sesuai kebutuhan pengguna ke dalam spesifikasi kebutuhan sistem (SRS–System/Software Requirement
Spesification) dan tahapan pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Systems Development Life Cycle (SDLC). Dari hasil penelitian Sistem Informasi Pengelolaan dana BOS tersebut mudah dipelajari. Serta sistem dapat memberikan informasi dan membuat Pengelolaan BOS dan laporan yang dibutuhkan dalam proses pemasukan barang. Sistem informasi manajemen ini memudahkan dalam pencarian dan pengelolaan data. Kekurangan yang dimiliki oleh sistem ini adalah tampilan sistem ini masih sederhana dan Sistem ini tidak memiliki fitur
backup data.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, (2009), Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam rangka wajib belajar 9 tahun, 2009.

Setiawan,Tomy, (2009), Ajari Sekolah Soal Transparansi, Harian Jogja, 1 septembert 2009, (http://www.suarapembaruan.com)

Wiguna, (2008), “ICW Temukan Penyimpangan BOS”, Tempo Interaktif, 28 Oktober 2008, (http://www.tempointeraktif.com).

Moleong. Lexy. J. 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Jogiyanto Hm. 2005. Analisis & Desain SistemInformasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.