PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DENGAN TEKNIK MASKING (STUDI KASUS SMA N 1 NGLUWAR MAGELANG)

Mei Parwanto Kurniawan

Abstract


Masking adalah sebuah animasi yang menutupi atau menyembunyikan objek satu dengan objel lainya, sehingga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi. Animasi masking sering digunakan agar sebuah animasi terlihat lebih bagus dan menarik Seperti efek transisi, gerhana matahari, efek kaca pembesar, animasi orbit, animasi penerangan lampu mercury, dan lain-lain.

Penelitian   ini   menerapkan   tehnik   masking untuk  membuat  multimedia  pembelajaran  yang divalidasi  oleh  ahli  kemudian  diuji  cobakan  kepada siswa dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Ngluwar.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran  bahasa  Jawa  kelas  X  di  SMA  Negeri  1 Ngluwar, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan motivasi  belajar  siswa  yang  diajarkan  dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan media konvensional

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan media pembelajaran bahasa Jawa dengan teknologi multimedia yang dirancang menggunakan Adobe Flash CS5 menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa lebih menarik dan interaktif. serta tingkat pemahaman  dan motivasi siswa yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada yang diajar dengan media konvensional.


Full Text:

PDF

References


Arsyad.Azhar, “Media Pembelajaran”,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Bahri.Syaiful, “Psikologi Pendidikan”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sadiman. Arief, dkk, “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.