SISTEM INFORMASI EVALUASI KINERJA DOSEN DENGAN METODE 360 DEGREE BERBASIS WEB

Terttiaavini Terttiaavini

Abstract


Evaluasi Kinerja Dosen merupakan kegiatan rutinitas suatu perguruan tinggi dalam menilai dan menindak lanjuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh unit penjamin mutu. Penilaian kinerja dosen di Perguruan tinggi umumnya    hanya mengandung satu aspek penilaian saja yaitu aspek pengajaran. Padahal tolak ukur penilaian  terhadap kinerja dosen harus mengacu pada tridarma perguruan tinggi. Berdasarkan ketentuan ini maka timbul gagasan untuk merancang   sistem informasi evaluasi kinerja dosen dengan   indikator penilaian berdasarkan tri dharma perguruan tinggi dan kompetensi dosen berbasis web. Aplikasi web yang digunakan akan mampu mengatasi permasalahan penilaian, pengumpulan data  dan pembuatan laporan yang lebih baik dari sistem manual. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall dan metode  penilaian 360-degree, diharapkan mampu memberikan ide dalam memperbaiki sistem informasi evaluasi kinerja dosen. Hasil dari sistem informasi evaluasi kinerja dosen ini, dapat memberikan gambaran tentang kinerja dosen pada semester sebelumnya.  Hasil  ini  juga  dapat  menjadi  masukkan bagi pimpinan Perguruan Tinggi sebagai pertimbangan dalam menyusunan strategi peningkatan  kualitas SDM dosen.

Full Text:

PDF

References


Chairy, Liche Seniati, 2005, Evaluasi Dosen sebagai bentuk penilaian kinerja, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Genoveva, Elisabeth Vita M. (2004) Menyusun Sistem Penilaian Kinerja Dosen yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 10 No.051.

Kadir, Abdul. (2008). Dasar Pemrog. Web Dinamis Menggunakan PHP. 2008. Yogyakarta : Andi Offset.

Mathis, Robert L, Jakson, John H. (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku Jakarta : Penerbit Salemba empat.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No.19 Tahun 2005. Standar nasional pendidilan.

Pressman, Roger S., Software Engineering. (2005).

A Practitioner’s Approach. State transition diagram (STD). 6th ed. New york : McGraw-Hill.

Surat Keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002. Kurikulum Inti Perguruan Tinggi.

Widodo W. Tri. (2013) Evaluasi prestasi Kerja. Available from . [Accessed l 10 Feb2013]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.