RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN TUNAI PADA PERCETAKAN EXPAND COMPUTER & STUDIO PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK

Bambang Adiwinoto, Anisah Anisah

Abstract


Sistem pembelian barang yang ada pada percetakan Expand Computer & Studio saat ini masih menggunakan sistem manual. Mulai dari proses pendataan, pemesanan barang sampai dengan pembuatan laporan pembeliannya. Sehingga menimbulkan banyak permasalahan diantaranya sulitnya melakukan pencarian data transaksi pembelian barang, memerlukan banyak tempat untuk menyimpan arsip pembelian barang, dokumen-dokumen pembelian tidak terdokumentasi dengan baik dan sering terlambatnya dalam pembuatan laporan pembelian yang ditujukan kepada pimpinan. Berdasarkan masalah yang ditimbulkan pada sistem yang berjalan tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang sudah terkomputerisasi sehingga diharapkan dengan adanya sebuah sistem informasi pembelian yang terkomputerisasi tersebut, dapat mengatasi permasalahan atau kendala pada sistem yang sedang berjalan dan diharapkan akan mempermudah pimpinan dalam pengambil keputusan.. Untuk Analisa dan perancangan sistem informasi yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metodologi berorientasi obyek dengan diagram Unified Modeling Language(UML).


Full Text:

PDF

References


Hamidah, “Membangun Rancangan Sistem Informasi pembelian Tunai Pada Apotek Cipta dengan Object oriented Methodology”, Proceeding SEMANTIK, Universitas Dian nuswantoro, Semarang, 2012.

Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. System Analysis and Design Methods. 6th ed. New York : McGraw-Hill, 2004

Al Fatta, Hanif.” Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”, Yogyakarta: Andi, 2007.

Munawar. “Pemodelan Visual dengan UML” ,Yogyakarta:Penerbit Graha Ilmu, 2005.

Mulyadi. Sistem Akuntansi. Edisi ke-tiga. Salemba 4, Jakarta. 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.