PERANCANGAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM STUDI KASUS : KOPERASI PEGAWAI TELKOM(KOPAGTEL) PANGKALPINANG

Anisah Anisah, Ellya Helmud

Abstract


Sistem Simpan pinjam pada koperasi karyawan Telkom (Kopagtel) pangkalpinang masih menggunakan sistem yang manual dan belum terkomputerisasi. Mulai dari proses pendataan data anggota, penyetoran simpanan, proses peminjaman, proses pengembalian pinjaman, sampai dengan pembuatan laporan. Dalam hal ini, untuk menganalisa sistem yang berjalan pada koperasi tersebut menggunakan diagram Unified Modelling Language(UML) yaitu Activity Diagram kemudian mengidentifikasikan masalah yang timbul pada sistem yang berjalan tersebut. Sedangkan Untuk perancangan basis datanya menggunakan model data Entity relationship Diagram(ERD) berdasarkan data yang ada pada sistem yang berjalan. Diharapkan dengan adanya analisa terhadap sistem yang berjalan dan perancangan basis data yang diusulkan nantinya dapat mempermudah pengembang untuk melanjutkan ke tah ap implementasi nantinya, sehingga proses pengolahan data yang ada pada Koperasi Pegawai Telkom (Kopagtel) pangkalpinang yang tadinya masih menggunakan sistem yang manual bisa ditingkatkan menjadi sebuah sistem yang terkomputerisasi sehingga diharapkan informasi yang dihasilkan nantinya dapat dilakukan secara tepat, akurat, dan sesuai kebutuhan demi kemajuan Koperasi Pegawai Telkom(Kopagtel) Pangkalpinang.


Full Text:

PDF

References


Diana anita, Mutiarasari wulan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada koperasi Studi Kasus:KJK PEMK DURI KEPA”, Proceeding SNASTIKOM, , medan, 2013.

Kusrini, M.Kom, “Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data, Andi Yogyakarya, 2007

Ir.Kristanto, Harianto, “Konsep & Perancangan Database”, Andi Yogyakarta, 1994.

Al Fatta, Hanif.” Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”, Yogyakarta: Andi, 2007.

http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi, (jam akses :13.31,Tanggal Akses:11/12/2013.

http://citrodunia.blogspot.com/2012/10/koperasi-simpan-pinjam (jam akses :13.31,Tanggal Akses:11/12/2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.