RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI STUDI KASUS : TB. CAHAYA BARU PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

Ellya Helmud, Melati Suci Mayasari

Abstract


Perkembangan sistem informasi, teknologi, dan dunia pengetahuan yang sangat pesat akan mempengaruhi kinerja dan pola kerja, khususnya yang kita rasakan adalah teknologi komputer. Komputerisasi pada saat ini sangat berpengaruh di segala bidang, karena dengan komputerisasi kita dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya sehingga hasil yang diinginkan lebih optimal. Dengan alasan tersebut maka proses penjualan tunai pada Toko Cahaya Baru Pangkalpinang yang sebelumnya masih menggunakan sistem manual akan dilakukan dengan sistem yang sudah terkomputerisasi sehingga permasalahan yang ada seperti pendataan barang, proses transaksi penjualan dan stok barang, pembuatan laporan dapat teratasi secara efektif dan efisien. Metodologi yang penulis gunakan dalam menganalisa dan mengembangkan sistem tersebut adalah metodologi berorientasi obyek dengan UML, seperti Activity Diagram, Usecase Diagram, dan Class Diagram. Sehingga dihasilkan sistem baru yang sudah terkomputerisasi yang dapat mempermudah dan mendukung proses penjualan tunai serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Toko Cahaya Baru Pangkalpinang.


Full Text:

PDF

References


Hamidah, “Membangun Rancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Sinar Buana Mebel Dengan Metodologi Berorientasi Obyek”, in Proc. KNS&I 2012, pp.66, November 17, 2012.

Kadir, Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi”, Edisi Pertama, ANDI, Yogyakarta, 2003.

Teguh, Wahyono, “Sistem Informasi : Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

HM, Jogiyanto, “Sistem Teknologi Informasi”, ANDI, Yogyakarta, 2005.

Sutopo, Ariesto Hadi, “ Analisis dan Design Berorientasi Objek”, J dan J Learning, Yogyakarta, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.