ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE

Muthmainnah Muthmainnah, Kusrini Kusrini, Hanif Al Fatta

Abstract


Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  Mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari tata kelola teknologi informasi khususnya domain Plan and Organize, Metode pengukuran ini menggunakan COBIT (Control Obejctive for Information and Related Technology). Perhitungan maturity level dari proses- proses  terpilih  bersasarkan renstra  pada  domain  PO dilakukan dengan cara menganalisis kuisioner dan hasil observasi  terhadap  pengelolaan  teknologi  informasi pada Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

 Dengan melakukan penelitian ini akan diperoleh tingkat kematangan tata kelola TI, yang dapat digunakan sebagai bahan perbaikan tata kelola TI. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa tingkat kematangan   tata kelola TI  yaitu  PO1, PO4, PO 6 dan PO7 berada pada level kematangan 2.

 


Full Text:

PDF

References


Habsoro, A., 10 November 2012, Aplikasi Tata Kelola dan Audit Informasi Menggunakan Framework COBIT pada domain DS dan ME. http://eepis-its.edu/

Kharisma, R.S., 2012, Perancangan Model Tata Kelola TI Pada STMIK Amikom Yogyakarta, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK Amikom, Yogyakarta.

Widyanti, T., 2011, Audit Sistem Terkomputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada Kantor Wilayah Kementrian Agama propinsi daerah istimewa Yogyakarta menggunakan cobit Framework, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK Amikom, Yogyakarta.

Jamroni, 2011, Analisis Tingkat Kematangan system Informasi perpustakaan di STiKES Surya Global Yogyakarta, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK Amikom, Yogyakarta.

Ramadiansyah, R.E.S.; Martono, H.Y.M.; Asmara, R., 10 November 2012, Aplikasi Tata Kelola dan Audit Sistem Informasi menggunakan Framework Cobit pada Domain PO dan AI, www.eepis-its.edu/uploadta/downloadmk.php?id=1240 [6]. COBIT 4.1. 2007.IT Governance Institute.

Indrajit, R.E., 12 Februari 2013, Analisis Keuangan untuk Implementasi TI, http://www.ebizzasia.com/0214-

/q&a,0214.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.