PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANGUN MINIATUR DESAIN PADA TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Firman Asharudin, Ema Utami

Abstract


Dalam dunia ilmu jaringan komputer belum banyak yang menerapkan sebuah lingkungan virtual sederhana yang digunakan untuk membantu pelajar maupun pengajar bahkan seorang analisis jaringan komputer menggunakan teknologi Augmented Reality. Selama ini untuk mempelajari dan mempresentasikan topologi jaringan komputer hanya melalui gambar, dan hal tersebut dinilai kurang cukup jika dibandingkan dengan teknologi yang berkembang saat ini menggunakan objek tiga dimensi.


Full Text:

PDF

References


Jacko, Julie A.; Andrew Sears. Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises.

CRC Press. hlm. 459. 2003. Stephen Cawood and Mark Fiala. “Augmented reality: a practical

guide”. Raleigh, N.C. : Pragmatic Bookshelf, 2007.

D.Aryus, R. Andri K.R, Komunikasi Data, Andi Offset: Andi, 2008.

M.Hirzer. “Marker Detection for Augmented Reality Applications”. Inst. for Computer Graphics and Vision Graz University of Technology, Austria. October 27, 2008. [Online]. Tersedia : http://lrs.icg.tugraz.at/pubs/hirzer_tr_2008.pdf [Diakses 27 November 2013]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.