APLIKASI ONLINE DAN BERBASIS MOBILE UNTUK PENJARINGAN ASPIRASI PUBLIK TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR, SARANA DAN PRASARANA JALAN RAYA DALAM PERKOTAAN (DPRD KOTA YOGYAKARTA)

Ainul Yaqin, Astri Wuragil, Doddy Satrya Perbawa

Abstract


Pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana dalam perkotaan identik dengan membangun sistem transportasi secara kompleks. Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan perencananaan yang harus dievaluasi terus menerus, salah satunya melalui aspirasi masyarakat kota itu sendiri. Aspirasi publik yang seringkali disampaikan oleh publik saat ini masih bersifat konvensional, salah satunya melalui surat kabar. Penjaringan aspirasi publik sebaiknya mampu disampaikan kapan saja, oleh siapa saja dan dari mana saja. Permasalahan yang mendasar adalah dimana penjaringan aspirasi yang dilakukan oleh pihak berwenang (DPRD Yogyakarta) tidak optimal bahkan tidak terbaca jika aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat hanya melalui surat kabar. Penerapan aplikasi online dan berbasis mobile ke dalam sistem penjaringan aspirasi mampu memberikan solusi yang membantu untuk menyajikan data aspirasi-aspirasi masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana jalan raya dalam perkotaan. Sistem yang dirancang pada penelitian ini menggunakan sistem cerdas yang menggabungkan NLP(Natural Language Processing) dan CBR (Case Based Reasoning) dalam pengolahan data aspirasi dari masyarakat. Aspirasi yang diperoleh dari masyrakat nantinya akan direstrukturisasi dengan menggunakan NLP dengan hasil struktur yang sudah ditentukan oleh peneliti, dengan tujuan untuk digunakan pada proses pengolahan menggunakan CBR. Data berupa statistik yang dihasilkan oleh sistem ini nantinya diharapkan dapat membantu stack holder yang terlibat dalam sistem utamanya pemerintah daerah mampu mengambil keputusan dalam melakukkan pembangunan infrastruktur.


References


Kusrini, Sistem Pakar. Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:ANDI Offset, Yogyakarta, 2006.

Utami Ema, Hartati Sri, [SRITI 2007, ISSN:1907-3526], penderkatan pattern matching sebagai pengurai dan penganalisa sturktur kalimat lengkap bahasa inggris, Yogyakarta,2007.

Sankar, K.P dan Simon, C.K , Foundation Of Soft Case-Based Reasoning, Wiley Publishing, New Jersey, 2004.

Watson, I.D, Applying Case-Based Reasoning: Technique for Enterprise Systems, Morgan Kaufmann Publishing, San Francisco, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.