RANCANG-BANGUN APLIKASI SISTEM PENILAIAN MAHASISWA SECARA ONLINE PADA PERGURUAN TINGGI

Aris Martono, Padeli Padeli, Lilian Nila Sari Putri, Pratidina Qowiati, Siti Lia Astria, Yulita Tirai Pratiwi

Abstract


Sebagai perguruan tinggi yang telah menyelenggarakan proses belajar dan mengajar dalam kurun waktu yang cukup lama sejak tahun 2002 maka Perguruan Tinggi Raharja memberikan pelayanan informasi semakin bermutu bagi para mahasiswa, dosen dan staffnya. Khususnya dosen dalam melaporkan hasil nilai mahasiswanya. Sistem pengolahan data nilai yang digunakan sudah menggunakan sistem komputer tapi masih bersifat administratif dimana sistem penginputan data nilai mahasiswa masih menggunakan sistem semi komputerisasi yaitu dengan pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Dengan pengolahan data ini menyebabkan kurangnya keakuratan data nilai mahasiswa dalam proses menentukan nilai dan grade serta membutuhkan waktu yang lama. Sehingga dalam pengolahan data tersebut tingkat efisiensi yang diharapkan, sulit untuk tercapai dan kurang tepat karena belum tersedianya tempat penyimpanan data yang terstruktur. Untuk membuat suatu sistem informasi berbasis web dibutuhkan program aplikasi PHP dan MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem untuk membantu proses penilaian mahasiswa secara online dimana terdapat 2 model penilaiannya yaitu menggunakan panduan acuan normative dan grade atau grade saja. Metodologi yang digunakan yaitu analisa dan pengembangan berbasis obyek mulai dari menganalisa sistem yang berjalan melalui UML( United Modelling Language )., melakukan elisitasi, serta menggambarkan sistem yang diusulkan melalui UML Hasil akhir yang dicapai dari penelitian ini yaitu penilaian mahasiswa secara online dengan model pendekatan Penilaian Acuan Normatif dan grade atau grade saja.


References


Siti Nurma’wa. 2008. “Perancangan Sistem Informasi Penilaian Tugas Akhir dan Skripsi Berbasis Web Pada Perguruan tinggi ini”. Skripsi. Program Studi Sistem Informasi. STMIK Ini. Tangerang

Mingsep Sampebua. 2008. “Perancangan Sistem Penilaian Akademik Untuk Memantau Kemajuan Studi Mahasiswa”. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Informatika UKI-Paulus. Makassar Diakses pada tanggal 11 November 2012 dari: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2308199207 .pdf)

Ani’matus Sholihah.2008 “ Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian PJJ”.Politeknik Elektronika Ngeri Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Harsiti. 2009. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasiswa Online Pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya (Unsera)” Diakses pada tanggal 11 November 2012 dari: (http://aptikom9.or.id/file/sistem-informasi-hasilbelajar- mahasiswa.pdf)

Rachman Olis Aidy. 2012. “Sistem Informasi Akademik Online Program Studi D-III Statistika FMIPA Unhalu”.

Jogiyanto HM.2001. Analisis dan Desain Sistem: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnia. Andi Offset.Edisi kedua.Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.