APLIKASI PENDATAAN DAN PENCATATAN PADA PERPUSTAKAKAN SMP NEGERI 3 CIKUPA TANGERANG

Oleh Soleh, Rizki Iis Sholihat, Febri Nurdiansyah, Arnis Savitri

Abstract


Kebutuhan akan suatu sistem komputerisasi pada sekarang ini mencakup kesegala bidang. Setiap organisasi seperti halnya instansi pendidikan, sangat membutuhkan sistem komputerisasi yang akurat, cepat, dan efisien. Seperti halnya SMP Negeri 3 Cikupa Kab. Tangerang yang berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman, termasuk pelayanan terhadap para siswa. Sebagai Instansi Pendidikan yang telah menyelenggarakan proses belajar dan mengajar dalam kurun waktu yang cukup lama maka SMP Negeri 3 Cikupa Kab. Tangerang hendaknya memberikan fasilitas yang lebih baik salah satunya adalah pada perpustakaan dimana untuk memberikan pelayanan informasi yang bermutu bagi para siswanya dan kenyamanan dalam belajar. Dalam pembuatan aplikasi ini, penulis mengusulkan sebuah aplikasi berbasis komputer dalam pencatatan dan pendataan yang terjadi pada perpustakaan. Metode yang digunakan penulis dalam pengembangan aplikasi yanitu dengan salah satu metode SLDC yaitu metode Waterfall. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu dan mengurangi tingkat kesalahan pada pencatatan dan pengolahan data pada perpustakaan.


Full Text:

PDF

References


Ishak. Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2008.

Darmono. Perpustakaan Sekolah. Jakarta. PT Grasindo. 2001

Yendri, Dodon. Rancangan Model Layanan Transaksi Peminjaman Buku Menggunakan Teknologi Smart Cart Pada Perpustakaan Induk. Jurnal Media Sisfo Vol. 2 No 4, November 2008: 12-26.

Nurlaela, Fetty. Aplikasi SMS Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjosari. Indonesian Journal on Networking and Security Volume 2 No 4 - Oktober 2013.

Lesmono, Dudut dan Samopa, Febriliyan. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Menggunakan Asp Dan Sql Server, 2005. http://www.si.its.ac.id/Penelitian/JURNAL/Dudut.pdf/, 22-10- 2009.

Minarni dan Fazril Hadi Saputra. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Politeknik Kesehatan Padang. Jurnal Teknologi Informasi Vol. 3 No.1 Maret 2011.

Kurnia, Tedi dkk. Perancangan Sistem Informasi Akademik Nilai Siswa Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Ciledug Al- Musaddadiyah Garut). Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Vol. 09 No. 17 – Garut, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.