PENGGUNAAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK UNTUK PENGAMANAN KOMUNIKASI PADA VOIP

Oleh Soleh, Joko Triwanto, Eko Apri Setiawan, Rae Fahreza

Abstract


Seiring perkembangan jaringan computer yang semakin cepat, memungkinkan lalu lintas suara malaui jaringan computer atau bisa disebut VoIP (Voice Over Internet Protocol). VoIP merupakan salah satu alternative komunikasi yang murah dengan fitur yang mamadai seperti telepon dengan line extention, video call, VoIP pada telepon PSTN, PSTN pada sambungan VoIP, dan digital receptionist (IVR). Akan tetapi terdapat kelemahan pada VoIP yaitu kelemahan dalam sistem sekuritas saat melakukan pemanggilan yaitu suara yang dapat direkam dan tidak adanya jaminan mengenai privasi. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah komunikasi VoIP dengan VPN yang dapat dilakukan dengan cepat, udah dan murah. Pengembangan sekuritas pada sistem VoIP terdiri dari konfigurasi dan pengetesan yang nantinya bertujuan agar keamanan pada VoIP semakin baik, sehingga privasi seseorang saat menggunakan VoIP akan terjamin.


References


Desantis, M. (2008). Understanding Voice over Internet Protocol (VoIP). Retrieved November 27, 2011, from http://www.uscert. gov/reading_room/understanding_voip.pdf.

Fergusson, P. (1998). What is a VPN? Retrieved November 27, 2011, from http://www.potaroo.net/papers/1998-3-vpn/vpn.pdf.

Madcoms. (2010). Sistem Jaringan. Yogyakarta: Andi.

Raharja, A. (2006). Membangun layanan VoIP dengan murah. Retrieved November 24, 2011, from http://voiprakyat.or.id/data/files/open_voip.pdf.

Raharja, A. (2006). Session Initiation Protocol. Retrieved November 24, 2011, from http://www.ilmukomputer.org/wpcontent/ uploads/2006/08/materi-sip.pdf.

Roddis, S. (2010). OpenVPN: Easy and Secure Setup Guide. Retrieved November 27, 2011, from http://www.stevenroddis.com/documents/OpenVPN_Easy_and_S ecure_Setup_Guide.pdf.

Safyan, A. (2000). Server Linux. Jakarta : Nurul Fikri Computer & statistics, Yayasan pengembangan Teknologi Elektro.

Setiawan, D. (2011). Mengenal Teknologi VoIP. Retrieved November 23, 2011, from http://deris.unsri.ac.id/materi/komdat/voip.pdf.

Sopandi, D. (2008). Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Sularso, A. d. (2009). Network Security. Bandung: Telkom Politeknik.

Wendi, A., & Ramadhana, A. S. (2005). Membangun VPN Linux secara cepat. Yogyakarta: Andi.

Ziswandi, M. (2010). Implementasi Analisis Perbandingan Performansi Jaringan pada VPN Berbasis IPSec dan SSL. Bandung: Politeknik TELKOM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.