PERAN CIO DALAM MENDUKUNG EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SI/IT ( STUDI KASUS: UNIVERSITAS BINA DARMA)

Nia Oktaviani, Megawaty Megawaty

Abstract


Chief Information Officer (CIO) adalah jabatan yang diberikan kepada seseorang yang bertanggung jawab atas terbentuknya suatu perencanaan strategis sistem atau teknologi informasi untuk mendukung tujuan perusahaan atau organisasi. Dalam suatu organisasi , CIO sangat erat kaitannya dengan perencanaan strategis sumber daya informasi. Artinya sampai pada tingkat tertentu keberadaan peran dan fungsi CIO juga dapat menunjukan seberapa strategiskah kedudukan IT dalam suatu perusahaan. keberadaan CIO untuk organisasi yang aktivitasnya tergantung pada sistem informasi dan teknologi informasi merupakan suatu keharusan. CIO yang tepat diharapkan bisa menyelaraskan strategi bisnis dan strategi SI/IT. Sehingga muncul pertanyaan seberapa Optimalkah peran CIO di dalam Organisasi Universitas Bina Darma Palembang dan bagaimana mengoptimalkan peran CIO tersebut. Peran CIO yang dipakai pada penelitian ini yaitu peran menurut Computer Science Corporation (CSC, 1996). Tulisan ini memanfaatkan metode deskriftif kualitatif, Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis bahwasanya peran CIO harus dioptimalkan untuk mendukung Visi dari Universitas Bina Darma Palembang yaitu menjadi Universitas berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi pada Tahun 2025.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha Dharmmesta. (1998), “Teknologi Informasi dalam Pemasaran : Implikasi dalam Pendidikan Pemasaran”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol.13, No. 3, pp. 116 – 125.

Carmona, Salvador dan Anders Gronlund (2003), “Measures vs Action: the Balanced Scorecard in Swedish Law Enforcement”, International Journal of Operation and Production Management, Vol. 23, No.12, pp.1475-1496.

Endraswari, Rizki Mariska, (2006), “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aplikasi Teknologi Informasi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan”, Tesis Magister, Universitas Diponegoro.

Flak, Leif Skiftenes dan Willy Dertz (2005), “Stakeholder Theory and Balanced Scorecard to Improve IS Strategy Development in Public Sector”, Agder University College, Norway.

Hartono, Jogiyanto.( 2001), “Sistem Teknologi Informasi”. Yogyakarta: Penerbit Andi.

IBM Global Business Services.,(2009),“The New Voice of The CIO-Insight from Global Chief Information Officer Study Executive Summary”.

Indrajit, Richardus Eko, “Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi”. Diakses pada tanggal 25 April 2012, dari internet akses Universitas Bina Darma.

Sarosa, Samiaji dan Zowghi, Didar. (2003),”Strategy for Adopting InformationTechnology for SMEs : Experience in Adopting Email Within an Indonesian Furniture Company”. Electronic Journal of Information System Evaluation Vol. 6 Issue 2 pp. 165 – 176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.