ANALISIS UNJUK KERJA APLIKASI DIGITAL SIGNAGE XIBO PADA SINGLE BOARD COMPUTER RASPBERRY PI

Bimo Sunarfri Hantono, Guntur Dharma Putra

Abstract


Di era digital, papan informasi bermigrasi dari bentuk konvensional ke bentuk digital, sehingga dikenal istilah digital signage. Bentuk digital signage yang kerap digunakan adalah komputer yang terhubung ke layar monitor untuk menampilkan informasi. Salah satu aplikasi digital signage yang mendukung manajemen konten dan penjadwalan berbasis Web adalah Xibo. Sayangnya, implementasi Xibo pada umumnya menggunakan komputer desktop yang terbilang kurang efisien jika hanya digunakan sebagai peranti digital signage. Xibo pun juga tidak memiliki dukungan sama sekali dalam implementasinya pada single board computer seperti Raspberry Pi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Xibo pada Raspberry Pi dan menganalisis unjuk kerjanya. Pada awalnya akan dilakukan porting aplikasi Xibo client dari Ubuntu dengan melakukan kompilasi kode sesumber dari dependensi aplikasi Xibo sehingga dapat diinstalkan pada Raspberry Pi. Kemudian segala fitur utama yang dimiliki oleh Xibo diuji dan dianalisis unjuk kerjanya untuk kemudian dibandingkan dengan Xibo client di Windows yang mana memiliki dukungan penuh dari pengembangnya.  


Full Text:

PDF

References


D. K. Farmer, “Raspberry Pi in the Library”, Devin K. Farmer, [Online]. Tersedia: http://devinfarmer.com/library/14-raspberry-piin- the-library [Diakses 11 April 2013].

A. O. Connor, “Writing a display-board application for Raspberry Pi”, Raspberry Pi Forum, [Online]. Tersedia: http://www.raspberrypi.org/phpBB3/viewtopic.php?f=31&t=6339, May 22, 2012 [Diakses 11 April 2013].

B. Lukmanfiandy, dkk, Perancangan Dan Implementasi Digital Signage Pada Media Informasi PT GMF AEROASIA Menggunakan XIBO, Yogyakarta: Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, 2013.

M. Arif, Kualitas Pelayanan Publik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Makassar: Sekolah Pascasarjana UNHAS, 2011.

Hellbender, “Building Berkelium, libbrowsernode and libAVG on the RaspberryPi and installing them for use with the Xibo package.”, Raspberry Pi Project, [Online]. Tersedia: http://rpiserver.breggen.nl/building_xibo.html [Diakses 26 October 2013].

D. Garner, dkk, “Xibo – Digital Signage Documentation.”, Xibo Digital Signage, [Online]. Tersedia: http://xibo.org.uk/docs/ [Diakses 27 October 2013].

D. Garner, dkk, “What is Xibo?”, Xibo Digital Signage, [Online]. Tersedia: http://xibo.org.uk/about/ [Diakses 27 October 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.