TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI BANYUWANGI

Endi Sailul Haq, Herman Yuliandoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diberi tindakan menggunakan media pembelajaran trainer mikrokontroler dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pelajaran mikrokontroler dan mengetahui unjuk kerja dan menguji kelayakan trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran di SMK Negeri Banyuwangi. Tahap pengembangan media trainer ini meliputi Analisa, Desain, implementasi, pengujian, validasi dan ujicoba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliuti pengujian dan pengamatan unjuk kerja beserta angket penelitian. Adapun uji kelayakan media pembelajaran melibatkan guru pengampu mikrokontroler dan uji coba oleh siswa di SMK Negeri Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian perolehan persentase aspek keefektifan desain tampilan sebesar 90%, sedangkan aspek teknis memperoleh 84,75% dan aspek kemanfaatan memperoleh 84,75%. Dari ketiga aspek tersebut didapatkan persentase keseluruhan dari validasi konstrak yaitu sebesar 86.5%. Trainer mikrokontroler untuk media pembelajaran dapat berfungsi, baik dari input maupun output dan sesuai dengan kebutuhan kompetensi yang diharapkan karena selama proses penyusunannya selalu mendapat saran dan masukan dari pengampu mata pelajaran mikrokontroler di SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Sedangkan dari segi tampilan pemberian label sebagai informasi di PCB masih belum begitu menarik karena masih menggunakan spidol.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Korps Lab Kendali dan Robotika. (2012). Modul Pelatihan Mikrokontroler. Laboratorium Kendali dan Robotika Politeknik Negeri Jember

Ahwadz F M (2012). Trainer Mikrokontroler Atmega32 Sebagai Media Pembelajaran Pada Kelas XI Program Keahlian Audio Video Di Smk Negeri 3 Yogyakarta. Teknik Elektronika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.