PEMODELAN SISTEM INFORMASI KEMETROLOGIAN DALAM PENDEKATAN BUSINESS PROCESS REENGINEERING UNTUK PELAYANAN TERA DAN TERA ULANG BALAI METROLOGI DINAS PERINDAG PROVINSI JAWA TENGAH

Ari Dwi Yulianto, Wing Wahyu Winarno, Addin Suwastono

Abstract


Selama bertahun-tahun, pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah masih berjalan secara manual menggunakan banyak dokumen kertas. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan administratif dan kesalahan-kesalahan manual yang cukup tinggi. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi untuk memperbaiki manajemen data dan informasi di Balai Metrologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah usulan proses bisnis yang baru dan sebuah model sistem informasi kemetrologian untuk pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi. Pemodelan sistem ini disusun dalam kerangka Business Process Reengineering (BPR) untuk menunjukkan aktivitas-aktivitas dalam perubahan proses bisnis organisasi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usulan proses bisnis yang baru dapat memangkas beberapa aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan model sistem yang dibuat mampu mewakili proses-proses bisnis yang terjadi di pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi.


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, HM., Analisis dan desain sistem informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis, Andi, Yogyakarta, 2005.

Rivard, S., et al, Information Technology and Organizational Transformation, Solving the Management Puzzle, Elsevier Butterworth-Heinemann, 2004.

Davenport, T. H., dan Short, J. E., “The New Industrial Engineering : Information Technology and Business Process Redesign”, Sloan Management Review, Volume 31, No. 4, 1990.

Turban, et al., Information Technology for Management, John Wiley, New York, 1996.

Andresen, J., et al, “A framework for measuring IT innovation benefits”, ITcon, Vol. 5, 2000.

Hammer, M., dan Champy, J., Rekayasa Ulang Perusahaan, Sebuah Manifesto bagi Revolusi Bisnis, diterjemahkan oleh Widodo, M. P., PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993.

Attaran, M., “Exploring the relationship between information technology and Business Process Reengineering”, Information & Management 41, hal. 585–596, 2004.

Ozcelik, Y., “Do Business Process Reengineering projects payoff? Evidence from the United States”, International Journal of Project Management 28, hal. 7–13, 2010.

Terziovski, M., et al., “Successful predictors of Business Process Reengineering (BPR) in financial services“, International. Journal of Production Economics 84, hal. 35–50, 2003.

Adayemi, S., dan Aremu, M.A., “Impact Assessment of Business Process Reengineering on Organisational Performance“, European Journal of Social Sciences – Volume 7, Number 1, 2008.

James He, Xin, “A Comparative Study of Business Process Reengineering in China“, Communications of the IIMA, Volume 5, Issue 1, 2005.

Thong, J.Y.L., et al, “Business Process Reengineering in the Public Sector: The Case of the Housing DevelopmentBoard in Singapore“, Journal of Management Information Systems, Volume 17, No. 1, pp. 245-270, 2000.

Kassahun, A.E., “The Effect of Business Process Reengineering on Public Sector Organisation Performance (A Developing Economy Context)“, Thesis for Doctor of Philosophy, School of Business Information Technology and Logistics, Business College, RMIT University, 2012.

Kettinger, W.J., “Business Process Change: A Study of Methodologies, Techniques, and Tools“, MIS Quarterly, Volume 21, No. 1, pp. 55-80, 1997.

Whitten, J., L., et al, System Analysis and Design Methods, McGraw-Hill, New York, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.