IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DI BAGIAN HUMAS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Erik Hadi Saputra, Burhan Alfironi Muktamar

Abstract


Salah satu metode dalam data mining adalah Naive Bayes Classifier yang merupakan teknik data mining yang memiliki kemampuan klasifikasi. Algoritma naive bayes classifier dapat digunakan untuk memprediksi minat studi berdasarkan bukti-bukti yang diberikan. Algoritma Naive Bayes Classifier merupakan salah satu metode data mining yang dapat digunakan untuk mendukung strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi data mining yang dibangun menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier yang dapat memberikan informasi penting berupa hasil prediksi minat studi calon mahasiswa yang bisa digunakan untuk membantu Team Marketing STMIK AMIKOM Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data pendaftaran mahasiswa tahun sebelumnya. Dari hasil prediksi yang didapat, diharapkan dapat membantu sebagai pendukung strategi pemasaran sehingga berdampak pada efektifitas dan efisiensi marketing serta peningkatan jumlah mahasiswa baru yang mendaftar.


Full Text:

PDF

References


Anonim, Sejarah Berdirinya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, http://www.amikom.ac.id/index.php/profile/history, diakses pada 12 Juli 2013 pukul 10.45 WIB.

Booch,G., James, R., dan Ivar, J., 1998, The Unified Modeling Language User Guide First Edition, Addison Wesley Professional.

Kusrini, dan Emha, T.L., 2009, Algoritma Data Mining, Yogyakarta : Andi.

Prasetyo, E., 2012, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta : Andi.

Santoso, B., 2007, Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.