PEMETAAN STRATEGIC MANAGEMENT DENGAN BALANCED SCORECARD PADA PT. A

Dewi Mustari, Alusyanti Primawati

Abstract


PT.A merupakan perusahaan besar didunia, yang bergerak di bidak elektronik. prinsip bisnis, menjadi dasar dari setiap keputusan yang dibuat, diantaranya:Prinsip memenuhi hukum dan standar etika, prinsip menghargai konsumen, pemegang saham dan karyawan, prinsip tanggung jawab secara sosial sebagai warga korporat, prinsip menjaga budaya organisasi yan bersih, prinsip peduli akan lingkungan, kesehatan, dan keamanan. Tahun 1990an menghadirkan tantangan besar untuk bisnis teknologi tinggi. Merger, koalisi dan pembelian adalah hal biasa ketika persaingan dan konsolidasi semakin berkembang. Perusahaan ditekan untuk memikirkan kembali teknologi dan penawaran layanannya. Untuk meningkatkan bisinis PT.A. maka diperlukan analisis majemen strategi, yang bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang akan digunakan untuk meningkatkan pemasaran. Yang bertujuan agar PT.A. tidak kalah saing dengan perusahaan pesaingnya. Untuk memecahkan permasalahan serta pemberian rekomendasi bagi PT.A maka masalah yang ditemukan akan dianalisis dengan menggunakan metode SWOT. Setelah dianalisis proses selanjutnya adalah mendefinidikan kebutuhan perusahaan melalui analisis Balanced Scorecard dengan mengambil dasar dari analisis SWOT. Dalam makalah ini, diuraikan hasil analisis berdasarkan pemetaan strategic management dengan balanced scorecard dan critical success factor.


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. Sistem Informasi Strategik: Untuk Keunggulan Kompetitif, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005

N. Kaplan, The Balanced Scrore: Translating Strategy Into Action, Harvad Business Press, 1996.

R.A.Koilan, A.H.N. Ali,”Pemetaan Strategis Distributor Pelumas dengan Balanced Scorecard PT. XYZ Tahun 2010-2015”, Tesrsedia:http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-10291-paper.pdf, Diakses 14 Desember 2011 [08.35], 2010

D.R.Fasita, “Stratrgic Managemen”, Tersedia: http: http://strategik.fe.uns.ac.id/wp-content /uploads/2009/06/samsungnew1.pdf. Diakses 10 oktober 2013 [12.10], 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.