PERANCANGAN WEBSITE satutujuan.co.id SEBAGAI PORTAL RIDESHARING UNTUK CIVITAS AKADEMIKA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Windha Mega Pradnya Dhuhita

Abstract


Teknologi internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengurangi kemacetan lalulintas serta terbatasnya lahan parkir dimulai dari kalangan akademisi STMIK AMIKOM Yogyakarta melalui website satutujuan.co.id dengan memasyarakatkan konsep ride sharing. Ride sharing adalah konsep berbagi tempat duduk pada kendaraan dengan rute yang sama agar meningkatkan efisiensi biaya perjalanan. Tidak jarang seorang bepergian seorang diri menggunakan mobil pribadi dari rumah menuju kampus maupun kantor pada hari dan jam yang sama. Tantangan utama dalam konsep ride sharing adalah tentang kepercayaan dan keamanan baik dari penumpang maupun pengemudi. Hal tersebut dapat diatasi dengan menyediakan portal website yang menyediakan informasi terperinci tentang para pengggunanya. Untuk menjamin penumpang diantarkan sampai tujuan, portal satutujuan.co.id menampung biaya perjalanan saat calon penumpang memesan rute perjalanan. Pemilik kendaraan dapat menyewakan kendaraan mereka dengan jaminan kepastian identitas penumpang dan jadwal rute tujuan. Sistem juga menjamin keamanan penumpang karena identitas pemilik kendaraan wajib diisikan saat mendaftar menjadi anggota. Pembayaran dilakukan otomatis oleh sistem saat pemilik kendaraan mengantarkan penumpang sampai pada tempat tujuan melalui konfirmasi yang dilakukan oleh penumpang. Hal tersebut juga memastikan pemilik kendaraan akan memperoleh pembayaran setelah melakuan perjalanan yang telah disepakati.


Full Text:

PDF

References


Sapta, Analisis Dampak Kemacetan Lalu Lintas terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Dengan Contingent Valuation Method (CVM) (2009).

Nugraha, Yulius Hadi, et al. "Searching Location Nearest Public Facility Based On Distance and Road’s Route Based GIS." (2009).

Deddy Ertanto, Sistem Informasi Untuk Melihat Rute Terpendek Dan Jalur Angkot Berbasis Sms (2006)

Vylda Pavela, Imam Nurhadi P,: Penyelesaian Vehicle Routing Problem Dengan Menggunakan Algoritma Nearest neighbor dan Tabu Search ( Studi kasus di PT Nippon Indosari Corpipndo ) Skripsi, Jurusan Matematika, F.MIPA, Universitas Brawijaya

Yulius Hadi Nugraha , Arif Basofi, Arna Fariza: (2009) Searching Location nearest public facility based on distance and

Road’s route based GIS Skripsi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.