SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK METODE TOPSIS DAN BORDA UNTUK PENENTUAN BAKAL CALON HAJI

Muhammad Hamka, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk penentuan bakal calon haji di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Kelompok pengambil keputusan yang terlibat adalah Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyah (LPPI) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Tiap kelompok pengambil keputusan menilai kriteria yang berbeda dan menentukan keputusan alternatifnya masing-masing. Penentuan keputusan individu menggunakan metode TOPSIS, dan agregasi keputusan kelompok menggunakan metode Borda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TOPSIS dapat menentukan alternatif keputusan individu yang lebih tepat, karena tiap alternatif dinilai dari aspek kelebihan dan kekurangannya. Data hasil penelitian juga membuktikan bahwa metode Borda dapat digunakan untuk menyatukan hasil keputusan yang diambil oleh masingmasing pengambil keputusan.


Full Text:

PDF

References


Salahuddin, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penentuan Penerima Dana Korban Konflik Aceh (Studi Kasus : Pada Badan Reintegrasi Aceh)”, Tesis, Program Studi S2 Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Januari 7, 2013.

Syaukani, M.; Kusnanto, “Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok dengan Metode Fuzzy Weghted Product untuk Diagnosa Penyakit Pneumonia”, Jurnal Teknologi, ISSN :, Vol. 5, No. 1, pp. 17-23, Juni 2012.

Saharuddin, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode TOPSIS dan Borda Untuk Penentuan Peringkat Terbaik Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi kasus : Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan)”, Tesis, Program Studi S2 Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Maret 2, 2012.

Whitten, J.L.; Bentley. L.D., “Systems Analysis & Design Methods, 7th Ed.”, New York: McGraw-Hill, 2007.

Kusumadewi, S.; Hartati, S.; Harjoko, A.; Wardoyo, R., “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM)”, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.