ANALISA ALGORITMA ANTI-COLLISION PADA PEMBACAAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION

Ferry Wahyu Wibowo, Rizqi Sukma Kharisma, Sudarmawan Sudarmawan

Abstract


Radio Frequency Identification (RFID) merupakan teknologi contactless yang efisien dan efektif untuk aplikasi pembacaan dan penulisan data. Penggunaan kartu magnetik dengan cara menggesek mempunyai banyak kekurangan, diantaranya banyaknya kartu yang mudah rusak karena tergores ketika menggesek, mudah mengelupas lapisan kartunya, sistem pembacaan data yang buruk karena harus presisi dan tidak tahan terhadap penghalang dan lapisan yang menutupinya. Sistem RFID mempunyai kelebihan yang mampu mengatasi semua keterbatasan dari teknologi jenis kartu tersebut, selain itu harganya yang bervariasi dari yang lebih murah sampai yang mahal, namun efisiensi dan efektifitas masih diperoleh dari teknologi RFID ini bahkan pengumpulan data yang lebih masif dan terintegrasi dapat dilakukan oleh teknologi ini. Kemampuan baca yang cepat dengan mengaplikasikan frekuensi radio merupakan kelebihannya sekaligus kekurangannya, karena untuk penggunaan frekuensi radio yang menggunakan jarak jauh mampu ditangkap oleh pihak ketiga, sehingga keamanan data / jaringannya perlu diteliti lebih lanjut termasuk sistem data warehouse yang akan dibangun untuk penyimpanan datanya. Paper ini lebih membahas pada state-of-the-art implemented design sebagai sistem embedded-data yang terotomatisasi dalam permasalahan collision pada saat pembacaan data. 


Full Text:

PDF

References


C.K. Harmon, “Basics of RFID Technology,” MIT RFID Privacy, Workshop, cambridge, MA, 2003.

Z. Jia-li, Q. Tuan-fa, N. Guang-nan, “Tree-Based Backoff Protocol for Fast RFID Tag Identification,” The Journal of China Universities of Posts and Telecommunication, vol. 20, no. 2, pp. 37-41, April 2013.

S. Dhakal dan S. Shin, “Precise Time System Efficiency of a Frame Slotted Aloha based Anti-Collision Algorithm in an RFID System,” Network Protocols and Algorithms, vol. 5, no. 2, pp. 16- 27, 2013.

T. L. La Porta, G. Maselli, C. Petrioli, “Anti-collision Protocols for Single-Reader RFID Systems: Temporal Analysis and Optimization,” IEEE Transactions on Mobile Computing, 2010.

Y. Lee, “Antenna Circuit Design for RFID Applications,” Microchip Technology Inc., 2003.

StrongLink, “13.56MHz Reader / Writer SL500 : User Manual,” version 2.6, StrongLink, November 2011.

Philips, “MF1 IC S50 Fuctional Specification,” Rev. 5.2, Product Data Sheet, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.