PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBUATAN TELUR ASIN KHAS BREBES MATERI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL (STUDI KASUS : SD NEGERI SITANGGAL 02)

Aullya Rachmawati, Dwi Nurani, Nita Apriani, Supriatin Supriatin

Abstract


Inovasi baru yang dapat diciptakan sebagai alat bantu proses pembelajaran yaitu multimedia pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi komputer sebagai perangkat untuk menggunakannya. Multimedia pembelajaran interaktif lebih dirasa efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa karena siswa aktif dalam menjalankan multimedia pembelajaran interaktif tersebut untuk memperoleh informasi yang ada di dalamnya. Selain itu, multimedia pembelajaran interaktif bisa dibuat dalam bentuk animasi yang menarik agar siswa tidak bosan dalam menerima materi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain mengenai multimedia interaktif masih memiliki beberapa kekurangan , misalnya ukuran filenya masih terlalu besar serta tulisan / teks belum bisa disalin (di copy). Penelitian yang akan dilakukan nantinya akan menghasilkan file multimedia pembelajaran dengan ukuran file yang relatif lebih kecil dan tulisan sudah dapat disalin. Penulis membatasi lingkup multimedia ke dalam ruang lingkup yang lebih kecil yakni bagaimana cara penyampaian pendidikan khususnya pelajaran muatan lokal pembuatan telur asin tersebut kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan penyampaian pendidikan melalui multimedia sebagai sarananya dengan menyesuaikan kurikulum dan dasar materi dari tempat penelitian (SD Negeri Sitanggal 02 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes).


Full Text:

PDF

References


Hasrul,“Langkah-Langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif”, Jurnal MEDTEK. Volume 2, Nomor 1, 2010.

S.N. Jevri, Wamiliana, K. Dian, “ Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Surya dan Exoplanet dengan Menggunakan Unity untuk Sekolah Menengah Pertama”, in Proc. Komputasi 2012, pp.1-1, Desember, 2012.

Mukminan, “Pengembangan Media Pembelajaran”, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

A.S.R. Ansori, M. Hariadi, W. Endah,"Pemodelan Retakan Tiga Dimensi Akibat Ledakan Untuk Serious Games", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.13-1, Januari 13,2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.