SISTEM REKAM MEDIK BERBASIS CLOUD COMPUTING DAN IDENTIFIKASI FREKUENSI RADIO

Aditya Rifa Kartika, Achwan Yusuf, A Dimyati Rohman, Suryadi Sudirja

Abstract


industri yang potensial. Karena berpengaruh secara langsung terhadap kualitas kehidupan manusia. Kemajuan teknologi informasi memberikan kemudahan dalam peningkatkan kualitas kehidupan, contohnya dibidang kesehatan. Pengaplikasian teknologi informasi di bidang kesehatan yakni EMR (Electronic Medical Record) yang menggunakan pengembangan dari teknologi embedded system, penggunaan RFID (Radio Frequency Identification, cloud computing, dan mobile android. Namun, didalam membangun sistem perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: kerahasiaan data pribadi pengguna, efek psikologis, kemudahaan dalam penggunaan sistem, dan integrasi yang baik antara sistem lama dengan sistem baru. Percepatan peningkatan pertumbuhan penduduk memberikan tantangan tersendiri kepada instansi maupun industri kesehatan. Karena mengakibatkan jumlah petugas pelayanan kesehatan yang tidak ideal bila dibandingkan dengan jumlah permintaan pelayanan kesehatan. Sehingga memerlukan metode baru untuk memecahkan masalah tersebut. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan penurunan kualitas pelayanan kesehatan dan berakibat peningkatan biaya operasional. EMR memberikan kelebihan dalam kemudahan pencatatan, pengaksesan dan penyimpanan data rekam medik. EMR dilengkapi dengan proses pengobatan berbasis mobile android (telemedicine system). Sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memonitoring kondisi terkini pasien. User yang sah dapat melihat informasi kesehatan pribadi baik melalui aplikasi mobile maupun web. Namun terdapat kendala dalam pengaplikasian EMR dibidang pelayanan kesehatan. Kendala tersebut antara lain lemahnya pola adaptif pengguna untuk menerima sistem baru dan kejelasan hukum yang melandasi dan mengatur penggunaan sistem. Sehingga informasi yang tidak ternilai harganya menjadi rentan terhadap tindakan kriminalitas. Oleh sebab itu keterlibatan pemerintah untuk ikut serta dalam menjaga informasi tersebut sangat dibutuhkan.


Full Text:

PDF

References


Waffa, Muhammad K.2012. E-Healthcare System and Wireless Communications : Current and Future Challenge.USA : IGI Global

Zhao Chengquan,MD et al..2013.Cervical Screening Test Results Associated With 265 Histopathologic Diagnoses of Cervical Glandular Neoplasia.Pittsburg : Am J Clin Pathol.

Smelcer, John B., Ph.D et al.. 2009.Usability of Electronic Medical Record.Journal of Usibility.

Mueller, Frank.2006.Challenges for Cyber-Physical System : Security, timing analysis and soft error protection.National Workshop on High Confidence Software Platforms for Cyber- Physical System : Reasearch Needs and Roadmap.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.