PENERAPAN TEXTUAL HEIARCHY (PATHS) UNTUK PERMASALAHAN AKSES DATA NILAI AKADEMIK MAHASISWA

Afriyudi Afriyudi

Abstract


Data nilai mahasiswa bagi perguruan tinggi, merupakan data yang sangat bernilai. Perguruan tinggi yang menerapkan komputerisasi, menyimpan Data nilai dalam format elektronik yang dikenal dengan nama database. Database relational merupakan pilihan utama untuk menyimpan data nilai tersebut. ketika jumlah data nilai mahasiswa masih sedikit proses pengaksesan dapat dilakukan dengan cepat. Bertambahnya jumlah mahasiswa dari tahun-ketahun tentunya akan menyebabkan ukuran data nilai mahasiswa menjadi besar sehingga permasalahan pengakasesan biasanya akan terjadi. pada penelitian ini akan di terapkan metode yang konvensional yaitu menerapkan metode textual hierarchy (path) yang umumnya digunakan untuk hierarchical data model untuk permasalahan data relational. Merupakan hal yang sangat menarik menerapkan salah satu metode hierarchical data model pada model data relational. hasil yang diharapkan adalah dapat mengetahui sejauh mana metode textual hierarchy (path Enumeration) dapat membantu mempercepat pengaksesan data relational dalam ukuran yang besar.


Full Text:

PDF

References


Bagui, Sikha and Earp, Richard., Database Design Using Entity- Relationship Diagrams, Auerbach Publications, 2003.

Bill Karwin, Models for Hierarchical Data with SQL and PHP [Online]. Tersedia: http://www.slideshare.net/billkarwin/modelsfor- hierarchical-data, [Di akses 21 Mei 2013]

Celko,Joe, Hierarchical SQL. [Online]. Tersedia: http://www.onlamp.com/2004/08/05/hierarchical_sql.html.,[Diaks es :21 Mei 2013].

Celko,Joe, Joe Celko’s Trees And Hierarchies In Sql For Smarties, Morgan Kaufmann Publishers, 2004.

Gijs Van Tulder, Storing Hierarchical Data in a Database [Online]. Tersedia:http://articles.sitepoint.com/article/hierarchicaldata- database, [Diakses : 21 Mei 2013].

Kirby Fling, Four ways to work with hierarchical data. [Online]. Tersedia: http://www.evolt.org/node/4047,[Diakses :21 Mei 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.