INFORMATION SYSTEM DESIGN AND PROTOTYPE ABSENSI WITH APLICATION WEB BASE IN KECAMATAN BATUCEPER TANGERANG

M. Rachman Mulyandi, Esa Wijayanti, Cynthia Ayu Wulan Dini, Nina Rahayu

Abstract


Kecamatan Batuceper merupakan intansi pemerintahan yang sistem absensi pegawainya masih berjalan secara manual.Dimana dalam penerapan sistem absensi ini terdapat beberapa hal yang menjadi kendala.Adapun kendala yang terjadi yaitu dalam halkeefektifan, efisiensi waktu dan proses pengabsenan. Bentuk laporan absensi yang ada saat ini masih berupa tulisan yang dapat menyulitkan dalam proses pencarian data, dan kemungkinan terjadinya data absensi yang hilang. Dengan alasan di atas maka penulis mencoba untuk memberikan alternatif pemecahan masalah dengan membuat suatu aplikasi sistem absensi yang akan mencatat data daftar kehadiran pegawai, waktu kedatangan, waktu pulang, yang akan dibuat secara sistematis dan terkomputerisasi.Sistem itu akan menghilangkan proses pencatatan kehadiran pegawai yang selama ini masih berjalan secara manual, yaitu dengan mengurangi tingkat kesalahan dengan cara menginputkan nomor indukpegawai dalam proses absensi tersebut. Pada penulisan ini juga akan diterangkan tahapan pengerjaan, mulai dari proses analisa, perencanaan, perancangan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan database MySQL, hingga tahapan pengimplementasian dengan menggunakan metode spiral dengan notasi perekayasaan dan pendekatan berorientasi objek, UML (Unified Modelling Languange), dengan tujuan untuk mengetahui data apa saja yang menjadi masukan dan keluaran pada sistem yang berjalan. Dengan adanya sistem informasi absensi ini diharapkan dapat meminimalkan kendala-kendala yang terjadi pada sistem sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Madcoms Madiun, “Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CS5 dengan Pemograman PHP dan MySQL”, Edisi. 1, Yogyakarta: ANDI, 2010.

Padeli, Henderi, Suyatno, “Membangun (E-Procurement) Pengadaan Barang dan Jasa dengan Prinsip Good Corporate Governance dengan Visual UML”, vol . 2, no. 1, pp. 69-79, September 2008.

Peter Jerry, “XAMPP:Paket Apache, PHP dan MySQL4Instant, “Komunitas eLearning Ilmu Komputer.com. [Online].Tersedia : http: //fileserver.suneoxide.com [Diakses 6 Desember 2013]

Rahardja Untung, Budiarto Mukti, Maimunah .Absensi Online. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja,, pp. 83-94, Journal CCIT, Vol.1 No.2, Mei 2008

Sari Anas F CAtur, Yulianto Lies, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Menggunkaan Finger Print di BAdan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal Kabupaten Pacitan”, Seminar riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, hal 1-7, Maret, 2013.

Satyamawan Hanggar Angga, Hariadi Bambang, Amelia Tan, “Sistem Informasi Penggajian Menggunakan Presensi Sidik Jari”, vol.2, pp. 60-65, 2013.

Winarti Dwi, “Pengembangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis WEB dan Absensi Siswa Berbasis SMS, Jun. 20-23, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.