ANALISIS SWOT/TOWS UNTUK PERENCANAAN STRATEGIS TEKNOLOGI INFORMASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN OGAN ILIR

Rusmala Santi, Maria Ulfa, Darsono Darsono

Abstract


Saat ini teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi sector penting bagi penyelengara pendidikan di sekolah .pemanfaatante knologi Informasi dan komunikasi merupakan salah satu aspek penentu dalam kompetisi. Kondisi TIK di SMP Negeri Kabupaten Ogan Ilir belum sepenuhnya menggunakan aplikasi berbasis TIK, beberapa sekolah yang sudah memilki aplikasi dan infrastruktur TIK di bangun sendiri dan di kelola sesuai dengan kebutuhan local baik bagian tata usaha maupun unit – unit pendukung. Sementara pada sisi lain justru masih terdapat aspek- aspek public yang belum berbasis TIK dengan sarana/prasarana TIK yang belum memadai untuk menunjang keberhasilan tujuan organisasi bidang pendidikan secara optimal. Untuk itu peneliti ingin membantu Dinas pendidikan kabupaten Ogan Ilir untuk membuat perencanaan strategi teknologi dan sistem informasi yang dapat dijadikan panduan dalam renstra TIK. Penelitian ini menggunakan matriks SWOT/TOWS sebagai salah satu metode yang diterapkan untuk analisis internal guna menghasilkan usulan perencanaan strategis pengembangan TIK bagi SMPN di Kabupaten Ogan Ilir.

Full Text:

PDF

References


Alter.S,Information Ssystems, The Foundation Of E-Business, Boston:Prentice Hall, 1992.

Bryson,John,M.,Freeman,R.E and Reoning, W,Strategic Planning in the public sector.Approaches and future direction, dalam Barry Checkoway (ed.) Strategic Approach to Planning Practice, Lexington Mass,Lexington Books, 1986.

David,Fred R.2004, Manajemen Strategis : Konsep, edisi ke tujuh.Terjemahan Alexander Sindoro.Jakarta : PT.Indeks Henderi & Maimuna,”Strategi Membangun Komputerisasi”, Jurnal Ilmiah Cyber Raharja Tangerang, Vol II Edisi 3.2005.

Husein.W,Sistem Informasi Manajemen”,Yogyakarta:UPP AMP YKPN, 2000.

Jogianto,Sistem Informasi Strategik.Yogyakarta:AndiOffset,2005.

Mardiana,”Pemodelan 4-stages Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Technologi”.Jurnal Rekayasa dan Teknik Elektro Universitas Lampung,Vol.1 No.1. 2007.

Porter,M.E,What is Strategy,Boston: Harvard Business Review, 1996.

Pressman and Roger, S, Software Enginering A Practitioner’s Approach.4th Edition.McGraw-Hill, 1997.

Rahadi, Dedi Rianto.“Proses Riset Penelitian ”, Tunggal Mandiri Publishing. Malang. 2010.

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Berorientasi konsep Perencanaan Strategis Untuk menghadapi Abad 21.Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 1997.

Thomson.Jr.Stricland III & Gamble, Strategic Planning New York: McGraw Hill,2005.

Umar, Husein. “ Metode Riset Bisnis ”. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003.

Ward,J& Peppard,J,”Strategic Planning for Imformation Systems(3rd ed)”. Cranfield, Bedfordshire : Jhon Wiley & Sons, 2002.

Wedhasmara,A.2005,”Langkah-langkahPerencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan menggunakan Metode Ward and Peppard” Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang”,Vol 1 No 2, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.