IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MEDIA PROMOSI PADA STMIK STIKOM BALI BERBASIS ANDROID
Abstract
STIKOM Bali merupakan salah satu kampus suwasta yang berada dibali yang memiliki jumlah mahasiswa kurang lebih 6000 mahasiswa sampai pada tahun 2017. Media promosi sangat dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan bagi perusahaan dan organisasi, dalam melakukan pemasaran kepada para konsumen untuk memahami bentuk atau tujuan dari produk tersebut seperti brosur, katalog dan pamflet. Dunia pendidikan di Indonesia memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan kualitas yang terbaik, dalam hal ini kampus kususnya pada bagian marketing membutuhkan penerapan media promosi untuk memperluas kebutuhan pasar. Teknologi Augmented Reality (AR) dapat diterapkan yang memiliki kamera, accelerometer, kompas dan GPS, data berupa koordinat dari server dan menggunakan peta. Pada penelitian ini dapat menggunakan smartphone berbasis sistem operasi android untuk membantu membaca obyek video promosi STMIK STIKOM Bali. Obyek video dibuat menggunakan aplikasi adobe premiere dan memanfaatkan fitur-fitur dari library vuforia, untuk pembuatan kode program menggunakan unity 3D. Hasil penelitian ini berupa media promosi Augmented Reality menggunkan marker dan diharapkan dapat membantu pengguna untuk mengetahui promosi kususnya pada STMIK STIKOM Bali untuk memasarkan produk yang di miliki oleh STMIK STIKOM Bali secara virtual dengan pola penanda marker.
Kata kunci : Marker, Augmented Reality, Promosi, STIKOM Bali, Video
Full Text:
PDFReferences
Lubis, A. N. Strategi Pemasaran Dalam Persaingan. Universitas
Sumatera Utara, Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas
Ekonomi. Medan 2004 : USU digital library.
Purwanto, I. Manajemen Strategi. Bandung. 2008 : Yrama Widya.
Andriyadi, Anggi. Augmented Reality With ARToolkit Reality
Leaves a lot to Image.Lampung : 2011. Augmented Reality Team.
Bimber, O., Raskar, R. Spatial augmented reality - merging real
and virtual worlds. New
York: 2005. A K Peters.
Haller, M., Billinghurst, M, Thomas, B. H. Emerging
Technologies Of Augmented Reality : Interfaces And Design, Idea
Group Publishing, p. 51, 2010. Pennsylvania.
L. Madden, Augmented Reality Browsers for Smartphones:
Programming for JUNAIO, LAYAR, and WIKITUDE, First
Edition., 2012. vol. 1. Wiley Publishing Inc.
Oliver, B., Ramesh, R., 2005. Spatial Augmented Reality. Mitsubishi Electric Research Laboratory, 33(2): 20-44.
Haller, M., Billinghurst, M, Thomas, B. H., 2010. Emerging
Technologies Of Augmented Reality : Interfaces And Design, Idea
Group Publishing, p. 51, Pennsylvania.
Refbacks
- There are currently no refbacks.