GAME PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK AUTIS DENGAN PENERPAN PENDEKATAN EDUKASI MULTISENSORI

Rohmat Indra Borman, Ade Senjaya Putra

Abstract


Autis merupakan suatu kelainan dengan ciri perkembangan yang terlambat atau yang abnormal dari hubungan sosial dan bahasa. Anak yang mengalami hambatan khusus atau kebutuhan khusus sering mengalami hambatan dalam proses pembelajaran. salah satunya yaitu belajar Al-Quran khususnya mengenal huruf hijaiyahah. Agar anak autis fokus dan antusias belajar maka dikembangkan aplikasi game pengenalan huruf hijjaiyah. Pada game yang akan dikembangkan menrepakan pendekatan edukasi multisensori. Pendekatan multisensori merupakan pendekatan pembelajaran dengan melibatkan audio, visual dan kinestetik. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh Luther-Soetopo. Metodologi pengembangan multimedia terdiri dari enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (pendisainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan ditribution (pendistribusian). Pada penelitian ini menghasilkan game pembelajaran huruf hijaiyah untuk mebantu anak autis dalam belajar huruf hijaiyah dengan memiliki fitur yang terdiri dari bermain dan belajar serta menerapkan pendekatan edukasi multisensori yang melibatkan audio, visual dan kinestetik anak.

 

Kata kunci: autis, game,edukasi,  multisensori..


Full Text:

PDF

References


Mas’udah, A. F., “Permainan “Bakiak Race” Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Autis Hipoaktif”, Jurnal Pedidikan Khusus, Universitas Negri Surabaya, 2013.

Nurjanah, E., “Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Autis”, Jurnal Pendidikan Khusus, Universitas Negri Surabaya, 2017.

Marienzi, R.,. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis”. E-JUPEkhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), Volume I, pp. 320-331, 2012.

Luther, Arc C, "Authoring Interactive Multimedia", Boston, AP

Professional, 1994.

Sutopo, Ariesto Hadi, "Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha

Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Kautsar, I, Borman, R.I., Sulistiyawati, A., "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android Dengan Metode BISINDO, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2015.

Binanto, Iwan, “Multimedia Digital - Dasar Dan Teori

Pengembangannya”, ANDI, Yogyakarta, 2010..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.