IMPLEMENTASI SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) PADA WEBSITE AGC (AUTO GENERATED CONTENT) UNTUK MENINGKATKAN SERP (SEARCH ENGINE RESULT PAGE) STUDI KASUS : WEBSITE GALLERY

Rafi Bagaskara Halilintar, Dony Ariyus

Abstract


Auto Generated Content (AGC) dapat diartikan sebagai sebuah website yang dapat membuat content untuk membuat website tersebut secara otomatis. Salah satu keunggulan dari website AGC sendiri adalah dapat membuat postingan artikel atau galleri (gambar) secara otomatis tanpa harus mengetik atau melakukan upload dan download terhadap gambar yang akan di post.

Untuk dapat menerapkan SEO terhadap website AGC kita tidak harus mempunyai website yang memiliki konten unik dan desain website yang bagus, membuat website AGC bisa dengan memanfaatkan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla dana tau dapat membuatnya sendiri dengan menerapkan berbagai bahasa pemrograman yang dapat mensupport pembuatan website. Melihat potensi tersebut, tim peneliti mengajukan penelitian untuk membuat website auto generated content untuk dapat memenangkan persaingan dalam mesin pencari Google Images. Untuk memenangkan persaingan peringkat website pada mesin pencari Google Images, dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO), SEO Off Page ataupun SEO On Page. Dalam menerapkan SEO On Page, tim peneliti menggunakan tools SEMrush dan Google Keywords Planner, sedangkan dalam menerapkan SEO Offpage tim peneliti menggunakan expired domain untuk mencari domain yang telah expired namun memiliki ranking dan visibilitas yang tinggi terhadap mesin pencarian. Setelah dilakukannya implementasi dari kedua metode tersebut, akan diuji posisi website pada Google Images SERP selama beberapa hari untuk mengetahui perkembangan dari teknik SEO tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah membuat sebuah website  memiliki jumlah SERP(Search Engine Result Page) yang tinggi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) On Page dan Off Page pada halaman Google Images.

Kata kunci: SEO, Google Images, Google SERP, Semrush, On Page, Off Page, AGC.

Full Text:

PDF

References


Santoso, J. Trias, “Analisis dan Penerapan Metode SEO (search engine optimization) Image untuk Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page)”, 2012.

Hadi, Pupud Danar, “Analisis dan Implementasi SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Baru dengan Teknik White-hat Seo dan Black-hat Seo untuk Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) di Google dan Yahoo”, 2016.

Alim, Muhammad Aziiz, “Analisis Penerapan Metode SEO (Search Engine Optimization) On Page dan Off Page untuk Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) Pada Website Designwebtutorials.com”, 2015.

Rehman, K.U and Khan, M.N.A, The Foremost Guidelines for Achiving Higher Ranking in Search Results through Search Engine Optimization, vol.52, pp. 101-110.

Hissom, E.A, “Search Engine Optimization and A Successful Web Site”, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.