APLIKASI PLATFORM BANGUNRUANG.ID UNTUK PENINGKATAN TRANSAKSI PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR RUANG

Nanda Dian Prasetyo, Anggana Jaya Ganira, Irfan Yuanda Hasibuan, Viki Andriyan

Abstract


Kepuasan pelayanan konsumen terutama dalam usaha bidang jasa saat ini adalah prioritas utama, hal ini merupakan salah satu poin indikator penilaian keberhasilan suatu perusahaan, untuk mendukung tingkat fleksibiltas transaksi, sehingga dapat memberikan keuntungan terhadap keduanya. Melihat aktifitas konsumen mencari penyedia jasa maupun para ahli konstruksi dalam memperoleh pekerjaan bangunan, umumnya melalui komunikasi lisan dan dukungan dari informasi lingkungan sekitar, tanpa mengetahui detail kualitas kompetensi dan anggaran biaya yang dibutuhkan, hal tersebut dapat mengakibatkan tidak maksimalnya kebutuhan akan pelayanan. Meninjau dari permasalahan dan meningkatkan kontribusi pelayanan terhadap konsumen yang lebih luas jangkauannya, salah satu cara adalah merancang sebuah aplikasi sistem online yang mempermudah transaksi pelayanan. Dalam hal ini membangun teknologi aplikasi platform sistem transaksi banngunruang.id secara online, yang ditujukan untuk membantu konsumen dan penyedia jasa konstruksi dalam mencari pengguna jasa bangunan maupun interior ruang dengan cepat, aman dan tentunya memenuhi pendanaan yang diinginkan. Penelitian ini berorientasi objek menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service) dengan analisa data likert, elisitasi kebutuhan sistem, serta pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), dengan basis data MySQL-Server. Dengan adanya Aplikasi platform online bangunruang.id diharapkan dapat mempermudah penyedia jasa dan konsumen dalam jasa konstruksi untuk saling berinteraksi dan terpenuhi kebutuhannya dalam pelayanan yang berkualias.

 

Kata kunci: Aplikasi, Pelayanan, Konstruksi, Jasa, Digital, Bangunan, PIECES.


Full Text:

PDF

References


H, Nazrudin Safaat. 2012. “Sistem Infromasi Manajemen Pendidikan”. Jakarta: PT. Smart Grafika.

Asropudin. 2013. “Kamus Teknologi Informasi Komunikasi”. Bandung: CV Titan Ilmu.

Lupiyoadi, Rahmat. 2013. “Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3”. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler Philip, Kevin L. Keller. 2012. “Marketing Management 14th Edition”. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. 2010. “Membuat Scoring Menggunakan Skala Likert”. Bandung: Alfabeta.

Ragil, Wukil. 2010. “Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar”. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Shelly, Gery B., dan Hery J. Rosenblatt. 2012. “Systems Analysis and Design”. 9th Edition. United States: Course Technology.

Jony Wong. 2010. “Internet Marketing for Beginners”. Jakarta: Elex Media Komputindo.

E. Turban, David K, J. Kyu Lee, T-P Liang, D.C Turban. 2012. “Electronic Commerce (A Managerial and Social Network Perspective)”. 7th Edition. United State: Pearson.

Madcoms. 2013. “Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CS6 Dengan Pemrograman PHP & MYSQL”. Yogyakarta: Andi Publisher.

Ahmad Fathoni. 2013. “Analisa Perancangan Aplikasi Web Pada Jasa Pembuatan Racang Bangun Rumah Pada Fathoni Home Designer Berbasis Online”. Jurnal Skripsi. Lampung: STMIK Pringsewu Lampung.

Aprisa. Siti M. 2015. “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Inti Pratama Semesta)”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol.1. No.1 pp.49-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.