SENTIMEN ANALISIS DI TWITTER (STUDI KASUS : RESEPSI PERNIKAHAN PUTRI PRESIDEN RI KE-7)

Lasmedi Afuan

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai analisis sentimen di Twitter terkait dengan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu melakukan riset atas sentimen masyarakat yang mengandung sentimen positif, netral atau negatif. Data yang digunakan adalah data tweet dari sosial media twitter dengan menggunakan hastag ‘JokowiMantu’ yang diambil dari twitter menggunakan Tweepy pada tanggal 08 November 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, untuk preprocessing data menggunakan normalisasi kalimat dan tokenisasi. Untuk proses analisis sentimennya menggunakan pendekatan Lexicon Based. Hasil dari penelitian ini adalah 43 % netizen memberikan opini yang positif, 48% netral dan 9 % negatif.

Kata Kunci : sentimen analisis, twiter, tweepy, lexicon based


Full Text:

PDF

References


T. H. Susilo and S. Rochimah, “Pengklasifikasian topik dan analisis sentimen dalam media sosial,” in SNASTI, 2013.

M. S. Naffisah and I. Surjandari, “Penggunaan Text Mining pada Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Perubahan Harga Bahan Pokok melalui Twitter,” pp. 1–20, 2014.

A. Novantirani, M. K. Sabariah, and V. Effendy, “Analisis Sentimen pada Twitter untuk Mengenai Penggunaan Transportasi Umum Darat Dalam Kota dengan Metode Support Vector Machine,” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1177–1183, 2015.

R. Habibi and D. B. Setyohadi, “Analisis Sentimen Pada Twitter Mahasiswa Menggunakan Metode Backpropagation,” Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 103–109, 2016.

A. Nurfalah and A. A. Suryani, “Analisis Sentimen Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Lexicon-Based Pada Media Sosial,” J. Masy. Inform. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017.

G. A. Buntoro, “Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 Di Twitter,” Integer J., vol. 1, no. 1, pp. 32–41, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.