ANALISIS KINERJA METODE ROUTING OSPF DAN RIP PADA MODEL ARSITEKTUR JARINGAN DI SMKN XYZ

Sampurna Dadi Riskiono, Donaya Pasha, Muhamad Trianto

Abstract


Penggunaan dan perkembangan jaringan komputer saat ini begitu pesat. Banyak organisasi maupun kantor yang memanfaatkan jaringan komputer sebagai sarana dalam penyelesaian tugasnya. Pada penelitian ini akan menganalisis kinerja routing dinamis OSPF dan RIP pada model arsitektur jaringan di SMKN XYZ. Dimana OSPF menggunakan nilai cost terkecil sebagai rute terbaik sedangkan RIP menggunakan jarak terdekat antar node sebagai rute terbaik untuk sampai host tujuan. Selanjutnya penelitian ini akan melakukan uji parameter QoS delay, packet loss dan throughput untuk menentukan metode yang tepat, dengan dua skenario yaitu ketika jaringan kosong dan jaringan sibuk serta dengan tiga tahap yaitu ketika semua jaringan koneksi terhubung, pemutusan satu rute yang terhubung dan pemutusan dua rute yang terhubung antar router. Berdasarkan pengujian, metode terbaik adalah RIP dengan nilai rataan delay 4,7 ms, packet loss 0%, throughput 163,156 Kbps ketika jaringan kosong dan ketika jaringan sibuk nilai rataan delay 16,9 ms, packet loss 0%, throughput 23,006 Kbps.

Kata kunci: Routing Dinamis OSPF dan RIP


Full Text:

PDF

References


C. Muallifah and L. Yulianto, “Pembuatan Jaringan Local Area Network Pada Laboratorium MA Pembangunan Kikil Arjosari Choirul,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5700, no. System Networking and Security, pp. 1–5, 2013.

L. Helambang, Panduan Lengkap Menguasai Mikrotik Masa Depan Menggunakan Mikrotik Router OS. Yogyakarta: Andi, 2008.

Lady Silik M and Suhardi, “Pengaruh Model Jaringan Terhadap Optimasi Routing Open Shortest Path First ( OSPF ),” TEKNOLOGI, vol. 1, no. 2, pp. 68–80, 2011.

F. U. Hasanah and N. Mubarakah, “Analisis Kinerja Routing Dinamis Dengan Teknik RIP (Routing Information Protocol) Pada Topologi Ring Dalam Jaringan LAN (Local Area Network) Menggunakan Cisco Packet Tracer,” SINGUDA ENSIKOM, vol. 7, no. 3, pp. 118–124, 2014.

Y. D. Villasica and N. Mubarakah, “Analisis Kinerja Routing Dinamis Dengan Teknik Ospf ( Open Shortest Path First ) Pada Topologi Mesh Dalam Jaringan Local Area Network ( Lan ) Menggunakan Cisco Packet Tracer,” Singuda Ensikom, vol. 7, no. 3, pp. 125–130, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.