SISTEM PROTEKSI FAIL OVER DENGAN RSTP PADA SERVER ROUTER INTERNET FIKOM UM METRO BERBASIS MIKROTIK

Arif Hidayat

Abstract


Pada era teknologi sekarang ini, arus informasi bergulir dengan sangat deras. Kecepatan dan ketepatan dalam pengiriman data menjadi dua hal yang sangat penting. Teknologi jaringan internet sering digunakan untuk melakukan pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya. Dalam lalu-lintas suatu jaringan, server mempunyai peran yang sangat penting, apabila sebuah server diakses oleh banyak client, tentunya akan mempunyai beban yang sangat berat, sedangkan kemampuan dari proteksi koneksi cadangan tidak ada. Untuk itulah dibuat suatu solusi yang disebut “Fail Over” untuk untuk menjaga apabila link utama terganggu. Fail over adalah sistem proteksi untuk menjaga apabila link utama terganggu, secara otomatis akan memfungsikan jalur cadangan. dalam penelitian teknik failover akan diimplementasikan pada sistem router internet FIKOM Universitas Muhammadiyah METRO. software inti yang digunakan dalam penelitian ini adalah virtual box dan dua os mikrotik. virtual box akan berfungsi sebagai perangkat lunak virtualisasi untuk mengeksekusi sistem operasi mikrotik, sedangkan OS mikrotik satu dan dua untuk mengimplementasikan teknik failover. beberapa skenario telah disiapkan untuk menguji sistem proteksi fail over. pengujian dilakukan dengan melakukan lakukan ping ke dns google 8.8.8.8 dari client kemudian salu salah satu kabel misal ether1 router dilepas maka data koneksi akan mengalir lewat ether2 pada router mikrotik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dua OS mikrotik berhasil menjadi bridge RSTP yang menjadi solusi fail-over layer dua yang ekonomis dan praktis.

Kata kunci: Fail Over, RSTP, Server Router, Mikrotik, Internet FIKOM.


Full Text:

PDF

References


Lukas, Jonathan. (2006). Jaringan Komputer, Graha Ilmu, Jakarta.

Kustanto, 2008, Membangun Server Internet dengan Mikrotik OS, Gava Media.

Norton Peters. (1999). Complete Guide to Networking. Sams, India.

Hidayat, A. (2017). Konfigurasi Server Cloud Storage pada Jaringan LAN pada LAB Diploma III Manajemen Informatika UM Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 7(1).

Wijaya, Agung, (2016). Perancangan dan Implementasi Sistem Jaringan Multiple ISP Menggunakan Load Balancing PCC dengan Failover: studi kasus analisa jaringan LTE Dusun Bantar Kec. Bringin (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).

Hidayat, A. (2016). Implementasi Control Panel Hosting dengan VestaCP pada Server Intranet LAB Multimedia D-III Manajemen Informatika UM Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 6(2).

Saputro, Wibowo Hadi, Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode Failover Dengan Routing OSPF (OPEN SHORTEST PATH FIRST) Pada Mikrotik. 2012. PhD Thesis. Faculty of Industrial Engineering.

Hidayat, Arif, Panduan Belajar Mandiri Administrasi Server Jaringan Menggunakan Linux Ubuntu, CV. Laduni Alifatana, Metro Lampung (ISBN: 978-602-1397-56-5)

Dani, R., & Fajar Suryawan, S. T. (2017). Perancangan dan Pengujian Load Balancing dan Failover Menggunakan Nginx (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hartono, Jorgiyanto, 1999, PengenalanKomputer, Andi Offset, Yogyakarta

Winarno dan Smitdev, 2014, Membuat Jaringan Komputer di Windows dan Linux, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sinarmata, Janner, 2006, TeknologiKomputerdanInformasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Komputer, Wahana, 2013, Internet Aman &Sehat, Andi Offset, Yogyakarta

Komputer, Wahana, Administrasi Jaringan dengan Ubuntu 9, Andi Offset, 2009.

Sutanta, Edy, Komunikasi Data dan Jaringan, Graha Ilmu, 2005.

Sugeng, Winarno, Jaringan Komputer dengan TCP/IP, Modula, 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.