SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PT. BANDO INDONESIA)

Muhaimin Hasanudin, Yansen Marli, Beni Hendriawan

Abstract


Dalam penentuan karyawan terbaik pada PT. Bando Indonesia terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini didasarkan pada hasil cheking, jam kerja, shift kerja, data afkir dan data klaim. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pengambilan suatu keputusan merupakan suatu yang sangat penting dalam menentukan keputusan yang harus diambil oleh decision maker. Dengan tujuan untuk membangun dan memberikan alternatif sebuah sistem penunjang keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan performa karyawan berprestasi dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini faktor- faktor Kriteria dan keputusan alternatif dalam hal ini para karyawan dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan score nilai karyawan yang memberikan penilaian terhadap setiap kinerja karyawan berprestasi. Sistem penunjang keputusan ini membantu dan memberikan alternatif dalam melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria, dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan berprestasi, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak diberi reward atau penghargaan..


Full Text:

PDF

References


Dicky Nofriansyah, “Konsep Data Mining Vs System Penunjang Keputusan”.Yogjakarta : Deepublish, 2014..

Hendrawan Sa, Markus, ”Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan di PT. Indo Beras Unggul Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”.universitas komputer Indonesia, Bandung, 2014.

Hari Mukti, Fajar,“Analisis Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk Seleksi Tenaga Kerja (Studi Kasus di PT. GE Lighting Indonesia Sleman Yogyakarta).”.Upn Yogyakarta, 2015.

Fiqih Fatimah, Perangkat Lunak Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Calon Pegawai Di PT Enseval Putera Megatradingcab Bandung.Stmik Lpkia Bandung, 2014.

Arief, M. Rudyanto, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi, 2011

Andi Nova Wijaya, “Penerapan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Sebagai Model Penilaian Kerja Karyawan Divisi Kasir Pada Pt. Matahari Department Store.Tbk ” STMIK Raharja, 2015.

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : ANDI, 2014.

Kustiyahningsih, Yeni.“Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL”.Jakarta: GrahaIlmu, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.