PEMBANGUNAN SISTEM MANAJEMEN RANTAI PASOK DALAM PROSES PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DI PT. MULTI SINIMAR JAYA

Fery Maulana Sudrajat, Faiza Renaldi, Fajri Rakhmat Umbara

Abstract


PT. Multi Sinimar Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri air minum dalam kemasan. Seiring dengan berjalannya waktu, peningkatan kapasitas produksi menjadikan pengontrolan proses produksi dan pengontrolan bahan baku menjadi hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya keterlambatan proses produksi atau bahkan penundaan proses produksi. Untuk meningkatkan proses produksi, maka diperlukan suatu strategi melalui pembangunan sistem informasi yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Yaitu membangun sistem yang menggunakan konsep Managemen Rantai Pasok atau (SCM) untuk meminimalisir keterlambatan produksi, pengontrolan bahan baku dan produk jadi, dan pengontrolan proses produksi. Penerapan manajemen rantai pasokan sangat baik dan dapat menguntungkan bagi perusahaan, karena setiap proses dari satu tahap ke tahapan yang lain dapat menghasilkan informasi yang akurat, sistem manajemen rantai pasok memiliki kelebihan yang mampu menghasilkan informasi dari keseluruhan tahap pada proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen rantai pasokan di perusahaan, khususnya pada bagian produksi guna meningkatkan efisiensi produksi. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini sangat memungkinkan tercapainya peningkatan dalam proses produksi serta dapat menghasilkan informasi terkait proses produksi yang akan membantu untuk melakukan pengontrolan proses produksi, peringatan akan stok bahan baku dan produk jadi yang sudah sampai batas minimum agar tidak terjadi kekurangan stok bahan baku dan produk jadi di gudang.


Full Text:

PDF

References


Nabil and M. M. Noor, "Perancangan Integrasi Sistem Supply Chain Management Produksi Di Pt Pustaka Imam Syafii," CommIT, vol. 4, no. 2, pp. 103-108, 2010.

A. U. T. Ama, E. Sediyono and A. Setiawan, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara," in Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014), Depok, 2014.

F. Nugrahanti, I. Wisnubhadara and E. Julianto, "Analisa Perancangan Sistem Informasi Managemen Rantai Pasok (Supply Chain) pada Perusahaan Pembuat Peralatan Tambang," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yogyakarta, 2014.

M. Nurmaidah, T. H. Pudjiantoro and F. Renaldi, "Pembangunan Sistem Manajemen Rantai Pasok dalam Proses Produksi Teh di PT. Perkebunan Nusantara III," Jurnal PASTI, vol. 11, no. 1, pp. 22-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.