KONSEP DATA MART DALAM IMPLEMENTASI SISTEM JOB FAIR MENGGUNAKAN METODE ONLINE ANALYTICAL PROCESSING PADA DINAS TENAGA KERJA

Ahmad Roihan, Ali Maksum

Abstract


Dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah Kabupaten Tangerang, Dinas Tenaga kerja memiliki opini untuk mengembangkan sistem informasi yang merupakan sebuah keputusan yang sangat strategis dalam rangka penyelenggaraan job fair. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan dan mengembangkan sistem yang sedang berjalan agar dapat memberikan informasi secara cepat kepada atasan dan sekaligus menunjang keputusan saat berlangsungnya acara pelaksanaan job fair. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode OLAP dengan memanfaatkan data mart dan analisis kebutuhan user. Titik berat penelitian ini adalah pada perubahan dan mengatasi masalah nyata di objek penelitian, sehingga terdapat kontribusi nyata dan langsung terhadap objek penelitian dalam mengatasi masalah tersebut. Selanjutnya dari penelitian ini akan diketahui informasi seberapa besar minat pengguna dalam menggunakan sistem informasi tersebut dan mengetahui tingkat kehadiran pengguna dalam acara job fair.


Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi”, Yogyakarta, Andi, 2014.

Turban, Efraim, “Decision Support and Business Intelligence Systems/ Efraim Turban, Ramesh Sharda, Dursun Delen – 9th ed.”, New Jersey, Pearson Education, Inc., 2011.

Inmon, William H., “Building the Data Warehouse — 4th ed.”, Indianapolis, Wiley Publishing, Inc., 2005.

Elmasri, Ramez, “Fundamentals of database systems / Ramez Elmasri, Shamkant B. Navathe.—6th ed.”, Boston, Pearson Education, Inc., 2011.

Connolly, Thomas M, Begg, Carolyn E, “Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management — 4th ed.”, London, Pearson Education, Ltd., 2005.

Guritno, S., Sudaryono, Rahardja, U., “Sistem Informasi Manajemen”, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Sudaryono, Rahardja, U., Roihan, A., “Design of Business Intelligence in Learning Systems Using iLearning Media”, Universal Journal of Management Vol 5(5), pp. 227-235, 2017.

Henderi, Pramono, B., Tiara, K., Roihan, A., “Rancangan Data Warehouse Untuk Analisis Kinerja Produksi di PT. URECEL INDONESIA”, in Proc. SEMNASTIKOM 2016, pp.83-88, Oktober 28-29, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.