PEMBANGUNAN SISTEM MANAJEMEN RANTAI PASOK DALAM PROSES PRODUKSI MINUMAN TRADISIONAL DI CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK

Rizqi Fauzi Zulfahmi, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Dian Nursantika

Abstract


CV. Cihanjuang Inti Teknik merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan mesin turbin air dan minuman tradisional khas priangan seperti bajigur, bandrek dan sekoteng. Seiring berjalannya waktu, peningkatan kapasitas produksi menyebabkan pengontrolan bahan baku merupakan hal yang harus diperhatikan untuk mencegah kekurangan bahan baku pada saat proses produksi berlangsung. Adapun proses produksi yang terdapat yaitu penghalusan, pengeringan, pencampuran dan pengepakan semua proses tersebut saling berkaitan jika salah satu tahap belum selesai maka akan berpengaruh terhadap proses yang lainnya, proses yang pertama yaitu penghalusan setelah bahan baku halus maka akan diproses ke tahap selanjutnya hingga ke proses terakhir yaitu pengepakan. Untuk meningkatkan proses produksi maka diperlukan suatu strategi melalui pembangunan sistem informasi yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Yaitu membangun sistem yang menggunakan konsep Managemen Rantai Pasok atau (SCM) untuk meminimalisir keterlambatan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan produksi perusahaan guna meningkatkan proses produksi. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini sangat memungkinkan tercapainya peningkatan dalam proses produksi serta dapat menghasilkan informasi terkait perencanaan produksi yang akan membantu kegiatan produksi, serta dapat mengetahui kendala yang dihadapi yaitu berkurangnya jumlah hasil produksi dari target yang telah di tentukan sebelumnya, maka dari itu kepala produksi dapat dengan mudah melakukan pengontrolan pada sub bagian produksi yang melakukan kesalahan dalam proses produksi, dan terdapatnya peringatan akan stok bahan baku yang sudah sampai batas minimum yang berguna dalam menghemat waktu produksi.


Full Text:

PDF

References


Nabil and M. M. Noor, "Perancangan Integrasi Sistem Supply Chain Management Produksi di PT Pustaka Imam Syafii," CommIT, Vols. 4, No. 2, pp. 103 - 108, 2010.

F. Nugrahanti, I. Wisnubhadra and E. Julianto, "Analisa Perancangan Sistem Informasi Managemen Rantai Pasok (Supply Chain) pada Perusahaan Pembuat Peralatan Tambang (Studi Kasus PT. Refindo Inti Selaras Indonesia)," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 15-21, 2014.

E. N. Hayati, "Supply Chain Management dan Logistic Management," Dinamika Teknik, vol. 8, p. 25, 2014.

W. H. J. and A. Prima, "Pengembangan Sistem Informasi Produksi pada Nikko Bakery," JSM, Vols. 16, No. 2, ISSN. 1412-0100, pp. 165-174, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.