PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA KLINIK KESEHATAN STUDI KASUS: KLINIK KREKOT, JAKARTA PUSAT

Windy Agasia, Utin Kasma

Abstract


Banyak klinik melakukan pengembangan teknologi informasi hanya berdasarkan apa yang mereka percayai atau rekomendasi dari kolega. Klinik Krekot Jakarta merupakan sebuah klinik yang berdomisili di Jakarta Pusat memiliki 4 cabang klinik yang tersebar di sekitar Jakarta Pusat. Pengembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) membutuhkan perencanaan yang matang untuk menghindari kerugian yang lebih besar dari sisi finansial dan investasi. Pengembangan SI/TI yang tidak sistematis akan terkesan tambal sulam, memenuhi kebutuhan sesaat, tidak ada skala prioritas dan tidak sesuai dengan irama bisnis klinik. Perencanaan strategis sistem informasi merupakan pendekatan sistematis mengenai apa yang dianggap paling efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Pendekatann perencanaan strategis sistem informasi menggunakan metode Ward and Peppard dengan metode analisis yaitu: Analisis SWOT, Analisis PEST, Value chain, Five Force Model, McFarlan Strategic Grid dan Critcal Success Factors. Hasil penelitian ini adalah Roadmap pengembangan Sistem Informasi yang mengacu pada rencana bisnis klinik berdasarkan data yang diperoleh melalui metode analisis yang digunakan serta melibatkan seluruh komponen klinik.


Full Text:

PDF

References


. Ramdhany, Tri., Kurniasih, Sri., Perencanaan Strategi Sistem Informasi Retail Studi Kasus: PT. Retail X, Jurnal LPKIA, Vol. 2 No. 2 Juni 2013, pp.6-12,2013

. Maryani., Darudiato, Suparto, Perancangan Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) Studi Kasus STMIK XYZ, CommIT, Vol. 4 No. 2 Oktober 2010, pp.77-85, 2010.

. Ward, John & Peppard , Joe, Strategic Planning for Information System, 3rd Edition, England : John Willey & Sons, Ltd, 2002.

. Rangkuti, Freddy,Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.

McFarlan, F.W and McKenny, J.L, (1983), The Information Archipelago Governing The New World, Harvard Business Review,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.