PEMODELAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MELAKUKAN DETEKSI DINI TIPE DAN MANIFESTASI SERANGAN EPILEPSI

Bonifacius Vicky Indriyono

Abstract


Epilepsi dapat diartikan sebagai kumpulan gejala dan tanda-tanda klinis yang muncul karena gangguan fungsi otak secara intermiten, yang terjadi akibat lepas muatan listrik abnormal atau berlebihan dari neuron-neuron secara paroksimal dengan berbagai macam etiologi. Banyak pasien yang tidak menyadari adanya gejala epilepsi dalam dirinya. Epilepsi dapat juga diartikan sebagai gangguan susunan saraf pusat (SSP) yang dicirikan oleh terjadinya serangan (seizure, fit, attack, spell) yang bersifat spontan (unprovoked) dan berkala. Serangan dapat diartikan sebagai modifikasi fungsi otak yang bersifat mendadak dan sepintas, yang berasal dari sekelompok besar sel-sel otak, bersifat sinkron dan berirama. Istilah epilepsi tidak boleh digunakan untuk serangan yang terjadi hanya sekali saja, serangan yang terjadi selama penyakit akut berlangsung, dan occasional provoked seizures misalnya kejang atau serangan pada hipoglikemi. Penyakit epilepsi dapat dicegah secara optimal apabila gejala epilepsi dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dilakukan penanganan yang tepat dan intensif. Akan tetapi terkadang pengetahuan masyarakat mengenai gangguan epilepsi ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu diperlukan sistem yang bisa memprediksi tipe dan manifestasi serangan epilepsi yang diderita oleh seseorang.

Dalam penelitian ini, akan dilakukan perancangan sistem yang dapat digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap tipe dan manifestasi serangan penyakit epilepsi berikut cara pencegahan dengan menggunakan sistem pakar. Untuk memudahkan penelusuran terhadap berbagai gejala, maka dalam perancangan ini digunakan teknik inferensi forward chaining dan certainty factor sebagai teknik yang digunakan untuk mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Turban, E., 1995. Decision Support and Expert System; Management Support System. Newyork: Prentice-Hall .

Durkin, J. 1994, Expert System Design and Development. Prentice Hall International Edition, Inc., London.

Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya).Yogyakarta : Graha Ilmu.

Harsono. 2001. Epilepsi Edisi Pertama. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Heckerman, D., Probabilistic Interpretations for Mycin’s Certainty Factors, Elsevier science Publishers B.V., North-Holland. 1986.

Daniel, Virginia, G. 2010. Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Informatika, Volume 6, Nomor 1, April.

Kurniawan,R., Ramadhan, A. 2012. Perancangan Sistem Pakar Dengan Menggunakan Certainty Factor Dan Implementasi Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Untuk Membantu Diagnosis Penyakit Kulit, JURNAL LPKIA, Vol.1 No.2, Desember.

Yohana, S.Y, Lulu,Y.D., Sari, R.P. 2012. Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web, Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 4, Pekanbaru, 3 Oktober 2012, ISSN : 2085-9902.

Nurochman, Ningrum, M.C. 2013. Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Epilepsi Dan Penanganannya Menggunakan Theorema Bayes, Seminar Nasional Informatika 2013 (semnasIF 2013), UPN ”Veteran” Yogyakarta, 18 Mei 2013, ISSN: 1979-2328.

Ardilla,Y., Tjandrasa,H., Arieshanti,I. 2014. Deteksi Penyakit Epilepsi dengan Menggunakan Entropi Permutasi, K-means Clustering, dan Multilayer Perceptron, JURNAL TEKNIK POMITS, Vol. 3, No. 1, ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print).

Marpaung, B.P. 2015. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Atherosklerosis Menggunakan Metode Certainty Factor (Cf), Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume : V, Nomor : 3 , Pebruari, ISSN : 2339-210X.

Afifuddin. 2009. Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Epilepsi (Ayan) Berbasis Website, Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Russel, S. ; Norvig, P. 2003. Artificial intelligence: A modern approach, 2nd ed., New Jersey: Pearson Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.