PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI JURUSAN BERDASARKAN POTENSI SISWA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

Intan Nur Farida, Rina Firliana

Abstract


Pengembangan sistem komputer untuk membantu kegiatan evaluasi siswa dibutuhkan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri khususnya dalam bidang penjurusan. Proses rekomendasi jurusan yang dilaksanakan belum maksimal mengakibatkan lingkungan kerja yang tidak efisien. Adanya perbedaan potensi antar siswa hendaknya dapat dijadikan pedoman dalam mengevaluasi minat siswa untuk penjurusan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem rekomendasi jurusan sesuai potensi siswa meliputi nilai rapor dan nilai ujian nasional sekaligus memperhatikan minat siswa, dukungan orangtua, tes IQ serta prestasi yang pernah diperoleh siswa.

Rancangan sistem menggunakan metode profile matching dibuat untuk membantu proses evaluasi potensi siswa. Penggunaan gap kompetensi dilakukan dalam mengetahui selisih antara kompetensi siswa dengan standar jurusan. Selanjutnya pembobotan nilai gap, kemudian dihitung nilai core factor dan secondary factor setiap standar jurusan sekaligus untuk mengetahui nilai total. Nilai total yang paling tinggi akan menjadi jurusan yang direkomendasikan.


Full Text:

PDF

References


Pedoman Peminatan Peserta Didik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, 2013.

Adhar, D, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Jabatan Karyawan pada PT.Ayn dengan Metode Profile Matching,” Jurnal Jatisi, vol.1, no. 1, pp. 17-29, September 2014

Hidayat, A. L., Pinandita, T, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Struktural Pada Bimbingan Belajar Sciencemaster Menggunakan Metode Gap Kompetensi (Profile Matching)”, Jurnal Technoscientia. vol. 5, no. 2, pp. 211-220, Februari 2013.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.