MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Ahmad Zaid Rahman, Taufik Nur Hidayat, Indra Yanuttama

Abstract


Perkembangan teknologi IT merupakan sebuah perkembangan yang mampu menjadi alat bantu media pembelajaran yang menjadi daya tarik serta pemahaman yang dapat lebih diterima oleh siswa khususnya anak sekolah dasar kelas 3. Dimana penerapan teknologi media pemebelajaran membantu guru untuk lebih mengefisienkan metode pemebelajaran yang diterapkan khususnya dalam penyampaian materi yang membutuhkan penejelasan proses yang lebih jelas dan secara nyata.

 

Kurangnya minat belajar, dikarenakan kurangnya fasilitas dalam proses pembelajaran, yang mengakibatkan kurangnya pemahaman dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah terutama sekolah dasar kelas 3, serta faktor lainnya  yaitu proses pembelajaran yang hanya menggunakan buku berbentuk teks dan gambar 2 dimensi saja. Data ini diperoleh dari sebuah studi di SDN Grojogan, yang berada di Tamanan, Banguntapan, Bantul yang mana data tersebut langsung diperoleh dari kepala sekolah SDN Grojogan dan juga beberapa wali murid dari sekolah tersebut. Dari data yang di peroleh, ditarik kesimpulan bahwa diharapkan terdapat sebuah media pendukung untuk metode pembelajaran yang diterapkan agar masalah tersebut bisa diatasi.

 

SDN Grojogan merupakan tempat untuk menuntut ilmu bagi anak-anak sekolah dasar. Dalam hal penerapan untuk teknologi IT belum diterapkan untuk media pembelajaran di sekolah tersebut. Hal ini menjadi sebuah daya tarik bagi peserta didik apabila dalam penerapannya teknologi IT ini khususnya augmented reality mampu diterapkan.

 

Dengan adanya masalah yang tertera di atas, pembuatan metode pembelajaran yang menerapkan teknologi IT menjadi pilihan  agar proses pembelajaran lebih menarik yaitu menggabungkan antara teknologi augmented reality berbasis android dengan buku edukasi IPA sekolah dasar khususnya kelas 3. Bertujuan menciptakan suasana belajar mengajar agar lebih interaktif, menarik, dan proses penyampaian materi yang lebih jelas. Dikarenakan adanya fitur 3D (tiga dimensi) objek yang berkaitan dengan materi, sound narasi untuk memperjelas materi yang disampaikan, dan video yang menerangkan lebih jelas  dari suatu proses yang dimunculkan dari materi tersebut serta dapat dilihat langsung secara nyata melalui teknologi ini.

 

Aplikasi ini berjalan dengan adanya suatu tujuan yaitu untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Memaksimalkan metode pembelajaran baru yang lebih efektif dari penerapan metode pembelajaran sebelumnya yang diterapkan. Membuat sebuah ikatan dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa dan juga antara orangtua dengan anaknya lebih harmonis.

 


Full Text:

PDF

References


Azuma, Ronal T. “A Survey of Augmented Reality”. Presence : Teleoperators and Virtual Environment 6 (4): 355-385.

Furht, Borko, 2011. Handbook of Augmented Reality.

Heller, Michael; Mark Bilinghurst, Bruce H. Thomas. 2007. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interface and Design. London: Idea Group Publishing.hlm. 24.

Kent. James. 2011. The Augmented Reality Handbook-Everything you need to Know about Augmented Reality.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.