PENGEMBANGAN PETA INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS TAMAN MEKARSARI INDONESIA)

Budi Arifitama, Ade Syahputra, Maya Cendana

Abstract


Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Taman Buah Mekarsari juga merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding), dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan memperoleh informasi tentang lokasi area wahana landmark yang ada di Taman Buah Mekarsari dengan memanfaatkan sebuah layanan aplikasi mobile berbasis teknologi augmented reality .Aplikasi mobile ini memanfaatkan peta yang sudah tersedia di Taman Buah Mekarsari dan membuatnya menjadi lebih interaktif untuk digunakan oleh wisatawan. Metode yang diterapkan pada penelitian kali ini adalah menggunakan augmented reality sebagai pendukung utama aplikasi mobile yang akan dikembangkan. Keunggulan dari teknologi augmented realityini adalahmenjadikan peta atau brosur yang tersedia di Taman Buah Mekarsari menjadi lebih interaktif serta menarik dengan memanfaatkan sarana multimedia yang terdapat pada teknologi ini.

 Dari hasil penelitian ini, diharapkan aplikasi dapat berguna untuk wisatawan dalam memperoleh informasi terkait area wisata secara lebih jelas.diajukan


Full Text:

PDF

References


S, Rosa A. dan M. Shalahuddin . Rekayasa Perangkat Lunak.Bandung : Informatika . 2013

Mulyadi., 2010. Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta : Multimedia Center

Aditya Rizki Yudiantika, 2013 IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DI MUSEUM: STUDI AWAL PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI UNTUK PENGUNJUNG MUSEUM. Yogyakarta : Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (KNASTIK), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana.

Anne Bationo Tillon, Isabelle Marchal, Pascal Houlier, "Mobileaugmented reality in the museum: Can a lace-like technology take you closer to works of art?," Arts, Media, and Humanities (ISMAR-AMH), pp. 41-47, 2011 IEEE International Symposium on Mixed and Augmented reality--Arts, Media, and Humanities, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.